Berita » Bimtek Pemanfaatan Lahan Bero untuk Pengembangan Kacang Hijau

Cisadane merupakan salah satu kelompok tani di wilayah Dusun Krajan, Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Ditemui di lokasi bimbingan teknis (bimtek), Rabu 16 Maret 2022, Ketua Kelompok Tani (Wisnu) menyampaikan bahwa wilayah ini merupakan wilayah pertanian dengan komoditas utama padi. Pola tanam di tingkat petani, yakni padi-bero-padi. Bero dapat berlangsung 2-3 bulan, sehingga seharusnya waktu bero ini dapat dimanfaatkan untuk budidaya tanaman lain yang bernilai ekonomi.

Penyampaian materi oleh narasumber bimtek Didik Sucahyono, S.P., M.P. (kiri), dan sambutan koordinator IP2TP Genteng (kanan)

Penyampaian materi oleh narasumber bimtek Didik Sucahyono, S.P., M.P. (kiri), dan sambutan koordinator IP2TP Genteng (kanan)

Didik Sucahyono, S.P., M.P. sebagai narasumber dalam bimtek menyampaikan bahwa Balitkabi Badan Litbang Pertanian, telah menghasilkan varietas kacang hijau yang berumur genjah dan panen serempak, yakni varietas Vima 1, Vima 2, Vima 3, Vima 4, dan Vima 5.

Disampaikan oleh Didik bahwa “Budidaya kacang hijau tidak rumit, jika sudah menanam padi sebelumnya dengan pemupukan optimal, maka saat menanam kacang hijau tidak perlu dipupuk terlalu banyak, dan tanpa olah tanah. Hal yang perlu diperhatikan adalah penyiangan gulma dan serangan hama Maruca saat fase pembungaan awal.

Untuk mencegah serangan hama lalat bibit, dapat dilakukan dengan pemulsaan menggunakan jerami padi yang disebar di atas permukaan tanah”. Didik menambahkan “Jika di masa bero, ditanami kacang hijau maka manfaat yang akan diperoleh petani akan bertambah, selain nilai ekonomi komoditas kacang hijau yang cukup tinggi, memutus siklus hama dan penyakit tanaman padi, juga dalam mendukung ketersediaan unsur hara bagi tanaman, karena bintil akar tanaman kacang hijau yang mengandung bakteri Rhizobium yang dapat mengikat N.

Diskusi bersama Mantri Tani dan petani berlangsung aktif, karena hadir bersama tim bimtek pemulia kacang hijau Dr. Rudi Iswanto dan Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Bambang Sri Koentjoro S.P., M.Kom., serta koordinator IP2TP Genteng Imam Supangat.

Tim bimtek dan anggota Kelompok Tani Cisadane, Dusun Krajan, Gambiran

Tim bimtek dan anggota Kelompok Tani Cisadane, Dusun Krajan, Gambiran

Petani meminta untuk dibuatkan demplot kacang hijau yang akan dilaksanakan di IP2TP Genteng pada saat masa bero nanti.  Hal ini akan didiskusikan bersama Ketua Kelompok Tani dan Koordinator IP2TP Genteng. Semoga bimtek ini memberikan manfaat dan semangat baru bagi Kelompok Tani Cisadane dalam memanfaatkan lahan bero untuk produksi komoditas bernilai ekonomi bagi kesejahteraan keluarga petani.

EU