Berita ยป Bimtek Pengelolaan OPT Ubi Jalar Ramah Lingkungan

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan OPT Ubi Jalar Ramah Lingkungan, 16 November 2021, merupakan rangkaian kegiatan RPIK (Riset Pengembangan Inovatif dan Kolaboratif) ubi jalar yang berlokasi di Lumajang. Peserta bimtek sebanyak 60 orang, yang terdiri atas petani kooperator dan penyuluh BPP Pasrujambe, dilakukan di Aula Masjid An-Nur Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang.

Bimtek OPT ubi jalar di Lumajang

Bimtek OPT ubi jalar di Lumajang

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan (Syaifuddin Zuhri, A.Md), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang (Dra. Hertutik, M.Si.), Camat Pasrujambe, tokoh masyarakat, dan Satgas Covid 19 Pasrujambe.

Ir. Joko Susilo Utomo, M.S., Ph.D., dari Balitkabi, menyampaikan bahwa kegiatan RPIK ini merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, juga dipesankan untuk dapat memanfaatkan kesempatan Bimtek ini, karena inovasi yang didemonstrasikan benar-benar untuk mengatasi kendala atau masalah yang dihadapi petani ubi jalar di Pasrujambe, khususnya cara penanganan hasil panen ubi jalar dengan baik dan benar.

Materi Bimtek yang disampaikan antara lain: penanganan pasca panen ubi jalar, OPT utama dan cara pengendaliannya, penyiapan pestisida nabati Allium cepa, produksi massal biopestisida BeBas dan penyiapan stek/bibit ubi jalar berkualitas dengan narasumber Ir. Joko Susilo Utomo, Ph.D., Ir. Sri Wahyuni Indiati, MS., Ir. Sumartini, M.S., Dr. Ir. Yusmani Prayogo, M.Si dan Dr. Febria Cahya Indriani., S.P., M.P.
Syaifuddin Zuhri menyampaikan agar petani dapat mengadopsi inovasi teknologi budidaya ubi jalar yang didemontrasikan di Pasrujambe.

Harapannya ilmu yang diperoleh selain dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan juga dapat meningkatkan hasil, baik kuantitas maupun kualitas umbi sebagai komoditas ekspor. Selain itu, pada Bimtek juga disampaikan materi penanganan OPT ramah lingkungan agar hasil yang diperoleh lebih organik, sehingga mempunyai nilai jual jauh lebih tinggi.

Narasumber bimtek dan kunjungan ke kegiatan RPIK ubi jalar

Narasumber bimtek dan kunjungan ke kegiatan RPIK ubi jalar

Kegiatan Bimtek diharapkan menjadi bekal dalam mewujudkan Kabupaten Lumajang menjadi sentra organik. Demikian juga Hertutik mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Bimtek ini karena Lumajang sekarang ini sedang gencar-gencarnya mengekspose produk-produk lokal.

FCI, WR, YP, MSYIB