Berita ยป Bimtek Pengendalian Gratifikasi

Pembukaan acara bimtek oleh Kepala Balittas

Pembukaan acara bimtek oleh Kepala Balittas

Jumat, 06 Agustus 2021, Balitkabi hadiri Bimtek Pengendalian Gratifikasi yang diadakan oleh Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat melalui zoom meeting dengan narasumber dari Inspektorat Jenderal Investigasi, Kementan. Acara dihadiri Kepala Balittas, Kepala Balitkabi, Kepala Lolit Sapo, tim UPG (Unit Pengelolaan Gratifikasi), tim pelayanan publik, dan beberapa peneliti dari UPT Kementan se-Malang Raya dan Pasuruan (Balittas, Balitkabi, Balitjestro, BPTP Balitbangtan Jatim, dan Lolit Sapo). Total peserta yang hadir secara daring sebanyak 67 orang. Kepala Balitkabi (Dr.Ir.Titik Sundari, M.P.), ikut bergabung bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Drs. Subarkah), Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian (B.S. Koentjoro S.P., M.Kom.), Tim UPG, Ketua Kelti, dan beberapa peneliti.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Balittas, Dr. Andy Wijanarko, S.P., M.Si., yang menyampaikan bahwa UK/UPT Balitbangtan merupakan unsur pelaksana pemerintah yang berkedudukan dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara dalam menjalankan fungsinya. Pengendalian gratifikasi merupakan salah satu poin dari penilaian dalam reformasi birokrasi dan pembangunan Zona Integritas. Maka dari itu, wajib dibentuk tim UPG dan melaporkan pelaksanaannya, dalam mewujudkan good government yang amanah, transparan, dan akuntable. Materi yang disampaikan pada Bimtek antara lain makna gratifikasi, jenis gratifikasi, pelaporan gratifikasi, cara pelaporan gratifikasi, program-program pengendalian gratifikasi. Semua hal tersebut kita implementasikan dalam melaksanakan tugas sehari-hari terutama yang berhubungan dengan pelayanan.

Tim UPG Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi pertama dari Satker/UPT lingkup Balitbangtan. Pengelolaan gratifikasi merupakan salah satu yang perlu kita kelola dan tingkatkan ketertibannya, karena merupakan area yang mendukung WBK dan WBBM. Tahun ini Balittas yang diusulkan untuk menerima satker WBBM, dan harapannya Satker-satker lain menyusul.

Acara bimtek dipandu oleh Tim UPG dari Itjen Kementan, yakni Ir. Teguh Ujianto, MM., yang juga sebagai narasumber, menyampaikan Kebijakan Pengendalian Gratifikasi Kementerian. Narasumber lain adalah Suparmadi, S.E., MA., memaparkan tentang Pemahaman dan Penerapan Pengendalian Gratifikasi di Kementerian Pertanian, selanjutnya Djakfar Ash Sodiq Assegaf, S.H. tentang Buku Panduan Pelaporan On Line. Dalam paparannya, Teguh Ujianto menjelaskan tentang dasar hukum pengendalian gratifikasi, tim UPG Kementan, rencana UPG Kementan, output kinerja UPG, dan jadwal pengendalian gratifikasi untuk tim sub UPG lingkup Kementan. Supermadi menjelaskan terkait perbedaan suap, gratifikasi dan pemerasan atau pungli, gratifikasi yang dilarang, potensi gratifikasi dan pungli di Kementan, penanganan pertama saat terjadi gratifikasi, gratifikasi dalam praktik, pelaporan gratifikasi, prosedur alur pelaporan gratifikasi online, lembar checklist review pelaporan penerimaan hadiah dan fasilitas, serta beberapa materi menarik lainnya. Beliau juga mengajak agar ASN Kementan untuk melaporkan gratifikasi yang terjadi melalui sub UPG atau dapat secara langsung melalui link https://sigap-upg.pertanian.go.id/. Dengan materi yang berbeda, Djakfar Ash Sodiq menjelaskan tentang makna logo pengendalian gratifikasi hingga cara menggunakan aplikasi panduan pelaporan gratifikasi. Poin penting semua materi yang diberikan adalah gratifikasi yang tidak dilaporkan berpotensi menjadi suap, dan banyak kerugian yang akan terjadi bila budaya suap tidak dikendalikan. Acara bimtek ini juga dilengkapi dengan pre-test dan post-test untuk mengetahui pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti acara Bimtek. Di sesi pertanyaan, antusiasme peserta sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Balitkabi bertekad bulat “No korupsi, dilarang menerima, dan memberi hadiah”.

Sebagian peserta yang hadir dalam Bimtek Pengendalian Gratifikasi

Sebagian peserta yang hadir dalam Bimtek Pengendalian Gratifikasi

EU/KPS