Berita » Bimtek Penguatan Komoditas Pangan Berbasis Aneka Kacang dan Umbi di Kabupaten Bangkalan

Selasa, 22 Maret 2022, Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi menggelar bimbingan teknis (bimtek) Penguatan Komoditas Pangan Berbasis Aneka Kacang dan Umbi, di Kelompok Tani Nurul Fatah I, Desa Janteh, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Hadir bersama di lokasi bimtek adalah Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Bangkalan, PPL, Mantri Tani, Kepala Desa, Ketua Kelompok Tani Nurul Fatah dan anggotanya. Kelompok Tani Nurul Fatah telah lama mengembangkan komoditas akabi diantaranya kacang hijau, kacang tanah, kedelai, dan ubi kayu.

Budi daya aneka kacang biasanya dilakukan dalam sistem tumpang sari bersama komoditas jagung. Disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani bahwa hasil panen kacang hijau masih dibawah 1 t/ha. Petani masih menggunakan varietas lokal Madura dan teknik budidaya yang digunakan masih sangat sederhana.

Sambutan Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Bangkalan (kiri), sambutan mewakili Plt. Kepala Balitkabi (kanan)

Sambutan Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Bangkalan (kiri), sambutan mewakili Plt. Kepala Balitkabi (kanan)

Perwakilan dari Balitkabi, Imam Sutrisno, S.P., MM., mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan petani tentang komoditas aneka kacang dan umbi. Harapannya dengan informasi terkait varietas unggul baru maupun teknologi yang dihasilkan dapat memberikan dampak baik terhadap pengembangan komoditas aneka kacang khususnya kacang hijau di Desa Janteh. “Di sini hadir bersama tim Balitkabi, pemulia kacang hijau, jadi jangan ragu untuk bertanya sebanyak-banyaknya apa yang perlu bapak-bapak ingin ketahui” pungkasnya.

Kepala Desa Janteh, Sulton, dalam sambutannya mengapresiasi bimtek yang diinisiasi oleh Balitkabi. Sulton berharap kegiatan ini dapat menjadi pendorong kemajuan pertanian di Desa Janteh, khususnya komoditas aneka kacang dan umbi. Bimtek dihadiri oleh Perwakilan Diperta Kabupaten Bangkalan, Kepala Desa Janteh serta diikuti oleh 55 peserta yang terdiri dari PPL Diperta KabupatenBangkalan dan petani di sekitar Desa Janteh.

Imam, Kabid Tanaman Pangan yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan, berharap dengan dilaksanakannya bimtek ini dapat memberikan motivasi kepada petani setempat agar hasil pertanian komoditas akabi menjadi lebih baik ke depannya.

Pemaparan materi oleh narasumber Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P

Pemaparan materi oleh narasumber Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P

Pada kegiatan bimtek ini, narasumber dari Balitkabi, Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P. memaparkan materi berjudul “Budi daya kacang hijau yang efektif dan efisien”. Rudi menyampaikan materi budi daya kacang hijau yang baik, seperti (1) penyiapan lahan; (2) pemilihan varietas unggul & benih bermutu; (3) proses penanaman; (4) pemupukan; (5) pengendalian gulma; (6) pengairan; (7) pengendalian hama; (8) pengendalian penyakit; dan (9) proses panen benih.  Semoga ilmu yang dibagikan dalam kegiatan bimtek dapat bermanfaat, baik bagi penyuluh maupun petani untuk pengembangan komoditas kacang hijau di Kabupaten Bangkalan, khususnya petani di Desa Janteh.

EU/AN