Berita ยป Bimtek Penguatan Komoditas Pangan di IP2TP Genteng

Dalam rangka penguatan komoditas pangan berbasis aneka kacang dan umbi (akabi), dan peningkatan pemahaman petani akan komoditas akabi, Balitkabi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) dengan tema Penguatan Komoditas Pangan Berbasis Aneka Kacang dan Umbi yang dilaksanakan pada Rabu, 16 Maret 2022 di IP2TP Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Peserta sejumah 126 orang yang terdiri dari petani, pelaksana lapang IP2TP Genteng, dan masyarakat di sekitar lingkungan IP2TP Genteng.

Arahan Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik (kiri), arahan Koordinator IP2TP Genteng (kanan)

Arahan Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik (kiri), arahan Koordinator IP2TP Genteng (kanan)

Mewakili Kepala Balitkabi, Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P. menyampaikan bahwa saat ini komoditas kedelai menjadi komoditas penting, dan wilayah Kabupaten Banyuwangi adalah wilayah yang memiliki potensi untuk pengembangannya. Oleh karena itu, teknologi budidaya tanaman kedelai yang benar perlu menjadi perhatian petani.

Hal yang dimaksudkan adalah bagaimana petani dapat memanfaatkan teknologi dan varietas yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian untuk memperoleh hasil yang optimal. Rudi sangat mengharapkan agar melalui bimtek ini banyak manfaat yang dapat diperoleh petani untuk kesejahteraan keluarganya.

Peserta bimtek

Peserta bimtek

Hal serupa juga disampaikan Koordinator IP2TP Genteng, Imam Supangat, yang terbuka menerima kunjungan petani atau masyarakat yang ingin belajar tentang teknologi budidaya yang telah dihasilkan Balitbangtan, khususnya komoditas akabi.

Harapannya, IP2TP Genteng dapat dijaga bersama oleh staf IP2TP dan masyarakat disekitar lingkungannya, sehingga peningkatan kualitas dan manfaat IP2TP bagi masyarakat sekitar dapat dicapai. Acara diakhiri dengan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan IP2TP Genteng yang dilaksanakan setelah acara bimtek.

EU