Berita » Bimtek Peningkatan Mutu Benih di IP2TP Genteng

Kualitas sumber daya manusia (SDM) di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Genteng dalam hal pemahaman dan penanganan pasca panen perlu ditingkatkan agar menghasilkan benih bermutu tinggi.

Tanggal 9 September 2021, tim UPBS Balitkabi yang dipandegani oleh Ir. Trustinah, MS. sebagai Wakil Direktur UPBS dan didampingi Didik Sucahyono, S.P., M.P. (Manajer Produksi), serta Sri Wahyuningsih, S.P. (Manajer Pemasaran) menggelar bimbingan teknis (bimtek) di IP2TP Genteng.

Sesuai arahan Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., yang sekaligus sebagai Direktur UPBS, tim UPBS ditugaskan untuk melatih dan memberikan wawasan kepada teknisi serta petugas gudang tentang penanganan benih setelah panen agar mendapatkan mutu benih yang sesuai dengan standar UPBS.

berita-210913-bimtekpasca-a

Bimtek diawali dengan pre test, dan diakhiri dengan post-test sebelum acara ditutup. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana tingkat pengetahuan dan kemampuan peserta terhadap materi sebelum disampaikan maupun setelah disampaikan.

Harapannya, setelah materi disampaikan, para peserta bimtek dapat dengan mudah mengerjakan soal ujian post-test. Didik Sucahyono dalam materi pelatihannya menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap mutu dan daya simpan benih, yaitu:

  1. Penentuan panen
  2. Saat Panen (cara pemanenan dan pengangkutan hasil panen)
  3. Pengeringan brangkasan (metode pengeringan darurat dan efisien pasca panen)
  4. Pembijian/perontokan biji
  5. Pengeringan yang baik dan benar
  6. Pengemasan
  7. Penyimpanan benih secara baik dan benar guna menekan penurunan mutu benih

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah harus paham betul dengan benih yang ditangani. Untuk benih kedelai memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tidak memiliki masa dormansi (masa istirahat benih)
  • Kulit ari tipis, sehingga mudah robek/rusak
  • Higroskopis, dengan embrio yang cukup rapuh
  • Mengandung lemak dan protein tinggi dibanding benih selain kacang-kacangan
  • Mutu fisiologis benih mudah turun (rusak)
  • Senyawa-senyawa kimia yang ada dalam benih sangat berpengaruh terhadap mutu fisiologis benih (seperti CO2, metanol, etanol, asetaldehida).
Pelaksanaan Bimtek Peningkatan Mutu Benih di IP2TP Genteng, Kab. Banyuwangi

Pelaksanaan Bimtek Peningkatan Mutu Benih di IP2TP Genteng, Kab. Banyuwangi

Joko Restuono, S.P. selaku Koordinator IP2TP Genteng mengucapkan terimakasih kepada tim UPBS Balitkabi yang telah bersedia memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya para teknisi dan petugas gudang di IP2TP Genteng. Semoga ke depannya mutu benih yang dihasilkan dapat ditingkatkan dan sesuai dengan standar UPBS Balitkabi.

JR – IP2TP Genteng