Berita » Bimtek Produksi Benih Sumber Kedelai di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

Senin, 14 Maret 2022 berlokasi di Kelompok Tani Sido Dadi, Desa Kebon Waris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Balitkabi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) dengan tema Penguatan Komoditas Pangan Berbasis Komoditas Aneka Kacang dan Umbi dengan materi mengenai produksi benih sumber kedelai berkualitas.

Pelaksana bimtek dari Balitkabi terdiri dari Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik – Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P., Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian – Bambang Sri Koentjoro S.P., M.Kom. dan Didik Sucahyono, S.P., M.P. (narasumber). Bimtek diikuti sekitar 55 peserta dari Kelompok Tani Sido Dadi, Desa Kebon Waris, Pandaan.

Sambutan Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik (kiri), penyampaian materi oleh Didik Sucahyono, S.P., M.P. (kanan)

Sambutan Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik (kiri), penyampaian materi oleh Didik Sucahyono, S.P., M.P. (kanan)

Materi bimtek merupakan salah satu materi yang menjadi permintaan petani. Hal ini merujuk pada permasalahan yang dihadapi petani ketika memproduksi benih kedelai. “Hasil panen kedelai kami tahun kemarin banyak kotorannya, sehingga kualitasnya kurang baik” ujar salah satu petani.

Kelompok Tani Sido Dadi memiliki pola tanam padi-padi-kedelai setiap tahun. Wilayah ini memiliki potensi lahan yang sesuai untuk produksi kedelai, namun karena minimnya pengalaman dalam penanganan benih untuk produksi benih berkualitas, menyebabkan kualitas benih yang dihasilkan belum optimal. Kualitas hasil yang dimaksud adalah kemurnian dan mutu benih.

Secara struktural benih itu tidak berbeda dengan biji, namun secara fungsional benih tidak sama dengan biji.“Benih yang baik merupakan benih yang memiliki beberapa kriteria, yakni memiliki kualitas mutu fisik, mutu biologis, dan mutu genetik yang baik” ujar narasumber Didik Sucahyono.

Pelaksanaan dan penanganan teknis di lapang dalam prosesing benih berkualitas dijelaskan secara rinci, dan hal ini membuat antusias petani. Presentasi dan diskusi berjalan cukup aktif, dan petani antusias untuk belajar dan menerapkan teknik panen dan pasca panen yang belum banyak mereka ketahui. Beberapa diantaranya penanganan panen di lapang dan prosesing di gudang agar diperoleh benih yang berkualitas baik.

Peserta bimtek

Peserta bimtek

Harapannya ilmu dan pengalaman yang diberikan melalui bimtek ini dapat memberikan wawasan baru dan semangat kepada petani kedelai untuk menghasilkan kualitas benih kedelai yang baik.

EU