Berita ยป BPP Pasean, Pamekasan Antusias Tanam VUB Aneka Kacang dari Balitkabi

Penanaman VUB aneka kacang dari Balitkabi oleh BPP Pasean, Pamekasan

Penanaman VUB aneka kacang dari Balitkabi oleh BPP Pasean, Pamekasan

Kabar menggembirakan datang dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kec. Pasean, kab. Pamekasan yang melaporkan telah menanam benih VUB aneka kacang dari Balitkabi. Benih VUB ini diperoleh saat kunjungan tim Balitkabi pada bulan September lalu ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan kab. Pamekasan yang terdiri terdiri dari Plh. Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi, Bambang Sri Koentjoro, S.P, M.Kom (Kasie Jaslit), Eriyanto Yusnawan, Ph.D (Koordinator Program), Imam Sutrisno S.P, M.M (peneliti Sosek), Herdina Pratiwi, S.P, M.P. (peneliti agronomi), dan Nuryati, S.P, M.P (peneliti pemuliaan).

BPP Pasean mendapatkan mandat dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan kab. Pamekasan untuk menanam dan mengembangkan benih VUB kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau (Talam 2, Devon 2 dan Vima 4). BPP Pasean sangat antusias menanam benih aneka kacang dari Balitkabi. Hal ini dapat dilihat dari persiapan sebelum tanam yang meliputi pengolahan tanah, pembuatan bedengan, saluran irigasi hingga penambahan kalsium sulfat untuk perbaikan sifat fisik dan kimia tanah.

BPP Pasean merupakan satu dari 13 BPP di Kabupaten Pamekasan. Kecamatan Pasean mempunyai lahan pertanian seluas 7.061 ha dari total luas keseluruhan 7.688 ha atau 92% merupakan lahan pertanian. Luas lahan sawah hanya 16% (1.152 ha) sisanya lahan non sawah termasuk tegal seluas 5.909 ha, sehingga potensi besar untuk pengembangan komoditas palawija seperti komoditas aneka kacang dan umbi.

Berdasarkan data tahun 2019 yang dikeluarkan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pamekasan, tercatat komoditas tanaman pangan di Kecamatan Pasean berturut-turut dari yang paling luas adalah jagung, Kacang tanah, Kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Luas area tanam kacang tanah mencapai 900 ha dengan produktivitas 1,27 t/ha, untuk luas tanam kacang hijau seluas 750 ha dengan produktivitas 1,11 t/ha. Aneka umbi yang telah dibudidayakan secara luas di wilayah Pasean adalah ubi kayu seluas 350 ha dengan produktivitas 11,11 t/ha dan ubi jalar seluas 4 ha dengan produktivitas 8,76 t/ha.

Diharapkan dari uji coba penanaman VUB aneka kacang ini akan memberikan pengetahuan dan informasi baru dalam hal keragaan pertumbuhan dan hasil varietas unggul baru kacang tanah, kedelai dan kacang hijau sehingga memberikan alternatif preferensi kepada PPL maupun petani di wilayah Pasean. Semoga VUB aneka kacang dan umbi Balitbangtan dapat berkembang dan memberikan kemanfaatan yang besar bagi kesejahteraan petani di pulau Madura khususnya dan Indonesia secara umum.

Penyerahan VUB Aneka kacang dari Balitkabi ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pamekasan

Penyerahan VUB Aneka kacang dari Balitkabi ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pamekasan

Penyerahan VUB Aneka kacang dari Balitkabi ke BPP Kecamatan Pasean

Penyerahan VUB Aneka kacang dari Balitkabi ke BPP Kecamatan Pasean

sumenep3 sumenep4
PPL Kec. Pasean saat penanaman benih VUB aneka kacang bantuan dari Balitkabi

RDP