Berita » Buletin Palawija Terakreditasi Kembali: Siap Publikasikan Naskah Anda

whatsapp-image-2019-01-16-at-11-35-06-am

Buletin Palawija (Bulpa) merupakan media publikasi yang menjadi wadah bagi para peneliti, penyuluh, dan akademisi untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan buah pikirnya di bidang tanaman aneka kacang dan umbi dalam bentuk karya tulis ilmiah. Buletin Palawija pertama kali terbit pada Mei 2001. Semula Buletin Palawija hanya memuat naskah tinjauan ilmiah atau review, tetapi sejak 2015 juga memuat naskah hasil penelitian (primer) dan komunikasi pendek. Buletin Palawija diterbitkan oleh Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) secara berkala dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan Oktober. Ruang lingkup dari Buletin ini meliputi aspek pemuliaan tanaman dan plama nutfah, ekofisiologi dan budidaya tanaman, perlindungan tanaman, pascapanen, dan sosial ekonomi termasuk kebijakan pengembangan tanaman palawija.

Tahun 2016 – 2018 menjadi tahun-tahun perjuangan bagi Buletin Palawija untuk memperoleh kembali status “Jurnal Ilmiah Terakreditasi” yang sebelumnya pernah diperoleh pada periode 2012 – 2014, namun sempat terlepas pada tahun 2015. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat tim redaksi yang dimotori oleh Prof. Dr. Arief Harsono untuk mendapatkan kembali status terakreditasinya.

Diawali dengan diperolehnya e-ISSN Buletin Palawija pada pertengahan Maret 2018, dengan nomor 2615-8108, dimulailah “perjuangan memperoleh status akreditasi” tersebut. Perombakan dilakukan mulai dari penggantian dan penambahan mitra bestari hingga penyempurnaan template naskah. Penyebarluasan melalui media on line, WhatsApp Messenger dan Facebook pun ditempuh untuk memperluas jangkauan pembaca.

Saat ini, Buletin Palawija telah terindeks di Google Scholar, Road, Crossref/ DOI, Sinta, Garuda, ISJD, IPI, Citefactor, dan Neliti. Ke depan, untuk meningkatkan dampak ilmiah, Buletin Palawija berharap dapat terindeks pada pengindeks global jurnal ilmiah bereputasi seperti DOAJ, Scopus, dll, serta bergeser dari jurnal ilmiah nasional yang semula hanya berbahasa Indonesia menjadi jurnal internasional berbahasa Inggris.

Setelah memenuhi kelengkapan administrasi pengajuan akreditasi jurnal ilmiah, pada 10 Desember 2018 sesuai SK Nomor 34/E/KPT/2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia, Buletin Palawija mendapatkan kembali statusnya sebagai “Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 2”, yang berlaku selama 5 (lima) tahun terhitung mulai terbitan Oktober 2016.

bp2

Status “Terakreditasi” kembali ini, membuat tim redaksi Buletin Palawija menjadi lebih bersemangat. Kini laras panjang sudah di tangan, tim redaksi Buletin Palawija siap bertempur mempertahankan status “Terakreditasi” yang telah diraih agar dapat tetap dalam genggaman.

Buletin Palawija menanti torehan-torehan pena tajam para penulis bidang tanaman aneka kacang dan umbi dari berbagai institusi, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi agar tetap mampu berkibar memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan pertanian di Indonesia, khususnya di bidang tanaman aneka kacang dan umbi.

bp3

Naskah tulisan, baik dalam bentuk review, primer, maupun komunikasi pendek dapat diajukan langsung melalui sistem OJS Buletin Palawija di http://www.ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bulpa atau melalui email Redaksi Buletin Palawija: bpalawija@gmail.com.

DAAE/ AS