Berita » Bupati Muna Berniat Kembangkan Inovasi Akabi di Wilayahnya

muna_1_ok_rev

Kabupaten Muna berniat mengusung inovasi aneka kacang dan umbi untuk pembangunan pertanian di Kab Muna. Untuk itu Bupati menugasi Kepala Dinas Pertanian Kab Muna membentuk Tim untuk mendalami hal-hal teknis yang akan dikerjakan di tahun 2015. Tim diminta untuk berkonsultasi dan menimba ilmu dari Balitkabi untuk diterapkan di Kab Muna. Demikian juga untuk para Camat dimohon untuk merencanakan secara tepat pengembangan aneka kacang dan umbi di wilayah masing-masing.

Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Muna, dr. LM. Baharuddin, M.Kes., saat evaluasi mengakhiri kunjungan sehari di Aula Balitkabi, Senin (22/12). Menurut beliau uraian eksistensi dan kemajuan penelitian dan pengembangan hasil-hasil penelitian Balitkabi yang disampaikan oleh Dr Didik Harnowo (Ka Balitkabi), dan paparan hasil-hasil penelitian oleh Dr Muhlish Adie (aneka kacang dan umbi), Dr M Jusuf (ubijalar), Dr Kartika (ubikayu), dan Erliana Ginting M.Sc., (produk pangan olahan berbasis aneka umbi dan kacang), sangat cocok dengan kondisi di Kab Muna. Untuk itu pada tahun 2015 beliau akan mengintensifkan penerapan inovasi yang diperoleh dari kunjungan di Balitkabi ini.


“Sungguh kami baru tahu tentang Balitkabi ini. Dan yang menggembirakan adalah hasil penelitiannya sangat cocok diterapkan di Muna, khususnya umbi-umbian”, ungkap Bupati. Menanggapi itu Dr Didik Harnowo menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama. Selain penyerahan cindera mata berupa plakat Balitkabi, Kepala Balitkabi juga memberikan publikasi tentang teknologi produksi, aneka varietas serta resep produk olahan dari aneka kacang dan umbi. Bahkan para tamu juga dihadiahi stek ubijalar dari lima varietas terbaru.

Anggota rombongan Kabupaten Muna dipimpin langsung oleh Bupati, terdiri dari para Asisten Bupati, Kepala Dinas terkait, dan 22 Camat diterima langsung oleh Kepala Balitkabi dan beberapa nara sumber. Pascapresentasi dari nara sumber para tamu berdiskusi intensif dalam tanya jawab di aula dan saat menikmati aneka produk olahan dari aneka kacang dan umbi dan dengan dengan para nara sumber. Lab Pangan Balitkabi menyuguhkan onde-onde ubijalar, tiwul instan, kacang tanah lemak rendah, susu kedelai, es krim ubilajalar dan aneka produk termasuk tepung umbi-umbian.
AW