Berita ยป Calon Varietas Kedelai BSGC

Apa itu BSGC? Adalah black soybean green cotyledon, atau kedelai dengan kulit biji hitam dan kotiledonnya berwarna hijau. Di Indonesia, semua varietas kedelai yang telah dilepas memiliki kulit biji yang beragam dari kuning, hitam, hijau, atau kombinasi antara kuning dan hijau, sehingga disebutnya kuning kehijauan atau hijau kekuningan. Semua varietas yang telah dilepas tadi, warna kotiledonnya adalah kuning, dan belum ada yang berwarna hijau.

Calon varietas kedelai hitam dengan kotiledon hijau

Calon varietas kedelai hitam dengan kotiledon hijau

Peneliti Balitbangtan yang ada di Balitkabi, merakit varietas kedelai dengan kulit biji hitam dan warna kotiledonnya berwarna hijau. Saat ini telah diperoleh sejumlah galur harapan yang telah diujiadaptasi diberbagai sentra produksi kedelai di Indonesia, yaitu di Madiun, Nganjuk, Mojokerto, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, dan Jembrana. Calon varietas BSGC diseleksi dari hasil persilangan antara kultivar introduksi dengan kedelai berdaya hasil tinggi Anjasmoro. Keragaan agronomis dari calon varietas yang diuji di berbagai lokasi tersebut cukup bagus, termasuk perolehan hasil bijinya.

Calon varietas tersebut, selain diuji kandungan protein dan lemaknya, juga diuji kandungan antosianin dan aktivitas antioksidan baik pada kulit biji maupun pada kotiledonnya. Tidak ketinggalan juga diuji kandungan isoflavonnya yang terdiri dari daidzein, glycitein, dan genistein. Terdapat ragam kandungan antar calon varietas. Kandungan antosianin pada kulit maupun biji terdapat beberapa calon varietas yang lebih tinggi dibandingkan Mallika maupun Detam 4. Demikian juga aktivitas antioksidan pada kulit biji terdapat beberapa calon varietas yang lebih unggul dari Mallika maupun Detam 4.

Ragam warna kulit biji dan keragaan salah satu calon varietas BCGC

Ragam warna kulit biji dan keragaan salah satu calon varietas BCGC

Artinya, Balitbangtan sudah memiliki calon varietas BSGC yang adaptif untuk tropis Indonesia.

MMA