Berita » Dega 1 di Tangan Petani Milenial Jember

Biji varietas unggul kedelai Dega 1

Foto biji varietas unggul kedelai Dega 1

Jember, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai kota cerutu sekaligus sebagai kota edamame, karena merupakan daerah penghasil cerutu berkualitas tinggi dan penghasil kedelai edamame terbesar di Indonesia.

Dengan luas tanam kedelai sekitar 7.500 ha, Jember juga menjadi salah satu sentra kedelai di Jawa Timur, dengan produktivitas pada peringkat lima di Jawa Timur, setelah Gresik, Banyuwangi, Madiun, dan Nganjuk.

Dengan latar belakang demikian, Badan Litbang Pertanian melalui Balitkabi, memilih Jember sebagai salah satu basis pengembangan inovasi teknologi budi daya kedelai produktivitas tinggi. Salah satu teknologi unggulan yang didiseminasikan adalah penanaman varietas unggul. Pada hamparan 17,5 ha, varietas unggul Dega 1 ditanam seluas 10,5 ha.

berita-21106-degamilenial-d

Salah satu petani mitra, yaitu H. Fuad Masrur, lahannya digunakan untuk penanaman varietas Dega 1 seluas 2 ha. H. Fuad Masrur adalah petani milenial yang sukses mengelola lahan pertaniannya dengan pemanfaatan lahan secara intensif melalui pola tanam padi-padi-kedelai dan hortikultura-kedelai.

Musim ini adalah pertama kalinya Fuad menanam Dega 1. Tangan dingin Fuad tercermin pada keragaan pertanaman varietas Dega 1, tanaman sehat, tumbuh bagus merata, tinggi tanaman 50-60 cm, jumlah polong 28-35, dan kondisi lahan bersih.

berita-21106-degamilenial-b

Ketika ditanyakan kesannya tentang varietas Dega 1, Fuad menyampaikan keterkejutannya, bahwa Dega 1 berumur jauh lebih genjah dibandingkan dengan varietas yang biasa ditanam. Kedelai genjah tersebut diharapkan akan membuat pertanaman cabai yang telah ditanam secara tumpang sisip akan tumbuh lebih baik dibandingkan pertanaman tahun sebelumnya.

berita-21106-degamilenial-c

Lebih lanjut disampaikan, Fuad optimis hasil kedelainya akan bagus, meskipun diiringi dengan ungkapan keprihatinan akan kondisi cuaca saat ini. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, semoga dengan tangan dingin dan kerja keras Fuad, disertai ijin-Nya, akan membuat Dega 1 memberikan hasil sesuai harapan.

NN | DH | AH | GWAS