Berita ยป Deklarasi Masyarakat Ubijalar Indonesia (MUJI)

1-muji-1

Pada tanggal 28 Oktober yang lalu telah dilakukan Deklarasi Masyarakat Ubijalar Indonesia (MUJI) dan sekaligus Launching K-Telo dan Telobar bertempat di Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur disponsori oleh pengusaha Malang, Unggul Abinowo. Dalam kepengurusan MUJI tersebut Kepala Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (BALITKABI) bertindak sebagai Dewan Pembina sedangkan dua peneliti BALITKABI (Dr. M. Jusuf dan Ir. Erliana Ginting MS) berperan sebagai Dewan Pakar. Ada sejumlah tokoh lokal maupun nasional yang menghadiri acara tersebut. Selain Bupati Kabupaten Malang Rendra Kresna, juga hadir Pangdiv II Kostrad Mayjen TNI Ridwan, Pangarmatim Laksda Agung Pramono, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Danrem 083 Baladhika Jaya Kolonel Arm M. Nakir, Anggota Komisi DPR RI Ahmad Effendi Choiri, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Adi Sasono, Daryanto dari Komunitas Kebangsaan, Direktur Institute of for the Economics and Finance (INDEF), Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, serta Budayawan Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Nangsa.

Dalam sambutannya, Adi Sasono menuturkan, telo menjadi simbol perlawanan terhadap ketidaksadaran kolektif bangsa ini menghadapi serbuan makanan luar negeri. Sementara Unggul Abinowo menuturkan Launching Supermarket menjadi momentum agar lebih mencintai produk produk dalam negeri. Supermarket yang berlokasi di Jalan Raya Lawang itu dia sebut sebagai The Meeting Point (TMP). Sebagaimana diketahui, TMP menjadi One Stop Shopping untuk produk-produk berbahan baku telo se-Malang Raya. Ada setidaknya 80 makanan berbahan baku telo. Juga ada sekitar 150 produk UKM yang dipasarkan di tempat yang mempunyai luas 4.000 m2 tersebut untuk mewujudkan mimpinya: membangun supermarket khusus yang menjual produk-produk UKM (Usaha Kecil Menengah) binaannya. Supermarket yang berada di kawasan Lawang itu menjadi penanda bangkitnya usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Malang. Momen tersebut juga menjadi isyarat agar petani tidak lagi ragu bertani telo.

Bupati Malang Rendra Kresna yang hadir dalam launching mengatakan, Pemkab akan mendukung penuh usaha yang dijalankan Unggul. Kami sangat sangat berterima kasih dan akan support (dukung) pak unggul. Rendra memuji Unggul sebagai orang yang sukses menjalankan inovasi usaha yang tidak banyak dilakukan orang lain. โ€ Bahwa sesuatu yang dahulu tidak terlalu bernilai, sekarang bisa jadi makanan orang kota dan orang-orang yang punya jabatan. Pak Unggul tidak hanya sekedar mengubah yang tidak berharga menjadi berharga, namun dia juga bisa menciptakan produk yang membuat wisatawan kalau ke Malang mencari bakpao telo, ungkapnya. Kesuksesan Unggul berinovasi dengan telo (ketela rambat) itu lanjut Rendra, akan bisa menginpsirasi.

Launching hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda dan ditandai dengan pengibaran 28 bendera merah putih.

Peresmian Deklarasi Masyarakat Ubi Jalar Indonersia (MUJI) ditanda tangani oleh beberapa tokoh lokal dan Nasional

Pembukaan Telo Mart dan Launching Product K-Telo dan Telobar ditandai dengan pemasangan sebuah keris oleh Bapak Bupati Malang Rendra Kresna.