Berita » Detap 1 Tumbuh Subur di Bima

Detap 1, tumbuh subur di Bima.

Detap 1, tumbuh subur di Bima.

Satu lagi, inovasi varietas unggul baru (VUB) Balitbangtan diterima dan dimanfaatkan oleh pengguna. Detap 1 merupakan VUB kedelai yang dihasilkan oleh Balitbangtan dengan keunggulan tahan pecah polong, dan tentunya selain itu berdaya hasil tinggi. Varietas tersebut saat ini dikembangkan di Desa Nggembe, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mulanya adalah sekumpulan pemuda yang memiliki perhatian terhadap pertanian dan membentuk UD. Pemuda Kreatif (PDKT). Pak Burhan sebagai salah satu pelopornya terus mengembangkan dan memproduksi benih tanaman pangan, salah satunya adalah benih kedelai. Varietas Detap 1 mulai dikembangkan dua tahun yang lalu. Pada musim tanam Desember 2020 yang lalu, dilakukan lagi produksi benih Detap 1 seluas 30 ha. Lahan produksi benih Detap 1 adalah lahan tegal. Penuturan Pak Burhan, 25 Januari 2021, “Detap 1 ditanam dengan jarak tanam antar baris 60-70 cm dan jarak tanam dalam barisan antara 15-20 cm, dan saat ini pertumbuhan sangat subur”.

Di Bima, potensi lahan kering untuk kedelai cukup luas. Peluang tersebut yang dioptimalkan oleh Pak Burhan untuk memproduksi benih kedelai di awal musim penghujan. Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, produksi benihnya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan benih di NTB saja, namun juga hingga ke luar provinsi NTB. Detap 1 yang telah dikembangkan selama beberapa musim di Bima, tidak hanya menarik bagi petani dan produsen benih, namun juga diterima di luar Bima. Umurnya yang lebih genjah dibandingkan dengan varietas Anjasmoro menjadi daya tarik kelompok binaan Pak Burhan, tentunya juga karena jumlah polong per tanamannya yang banyak, sehingga menyebabkan hasil biji yang diperoleh juga tinggi. Karenanya, Detap 1 tetap dikembangkan di Bima.

Hamparan Detap 1 di Bima

Hamparan Detap 1 di Bima

MMA