Berita » Dr Muchlish Memimpin Balitkabi

Serah Terima Jabatan

Serah Terima Jabatan

Dr Muchlish Memimpin Balitkabi

Sejak tanggal 10 Januari 2011, Dr Mochammad Muchlish Adie, M.S., resmi memimpin Balitkabi. Acara serah terima jabatan (sertijab) dari Dr Made Jana Mejaya, M.Sc., kepada Pak Muchlish yang dilakukan di Aula Balitkabi dihadiri antara oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Hasil Sembiring, Prof Suyamto, para Kepala UPT Badan Litbang Pertanian di Jawa Timur, dan staf Balitkabi.

Pak Muchlish, menyelesaikan Sekolah Pertanian Menengah Atas Negeri (SPMAN) di Malang pada tahun 1976. Masternya diperoleh dari Fakultas Pascasarjana IPB Jurusan Pemuliaan Tanaman pada tahun 1992, dan doktornya ditempuh di Univ Brawijaya.

Karir beliau dimulai tahun 1977, sebagai teknisi penelitian. Selanjutnya seiring dengan selesainya kesarjanaannya Pak Muchlish menapak naik menjadi peneliti pemulia kedelai, lalu menjadi Ketua Kelompok Peneliti Pemuliaan dan Plasma Nutfah. Sebelum kembali ke Balitkabi, beliau dipercaya menjadi Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbang Tanaman Pangan, Bogor.

Tekun memilih, cermat memilah, dan mengawinkan kedelai, hingga kini pak Muchlish, telah menghasilkan 19 varietas unggul kedelai. Sinabung, Kaba, Ijen, dan Panderman, serta kedelai hitam Detam-1 dan Detam-2 adalah buah karya varietas kedelai yang dihasilkan oleh pak Muchlish sebagai pemulia utama.

Pak Muchlish terkenal tertib dan rajin dan suka membaca sejak muda. Kesukaannya membaca menjadikan putra kelahiran Sampang Madura ini anggota Himpunan Masyarakat Pecinta Buku (Himabu). Kerajinannya mengumpulkan informasi dapat dilihat dari kliping-kliping yang dihimpun beliau untuk menambah pengetahuannya di luar bidang utama yang ditekuninya di kantor.

Ketika masih awal kerja di penelitian beliau pernah mengenyam pelatihan komputer di Asian Instiutute of Technology (AIT) di Thailand, dan mengikuti Program Visiting Scientist bidang pemuliaan tanaman  di Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS) selama empat bulan. Tahun 2002 mendapatkan penghargaan sebagai Peneliti Berprestasi di Balitkabi. Pada Desember 2010, Pak Muchlish menerima anugerah Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) dari Menteri Pendidikan Nasional.

 

Serah Terima Jabatan

 

Selamat datang kembali pak Muchlish.