Berita » Eskalasi: Percepatan Swasembada Pangan

Mengawali tahun 2015 dan merespons perubahan lingkungan strategis, Balitbangtan melakukan Rapat Kerja Pertama di Auditorium Utama Sadikin Sumintawikarta Bogor dari 8–10 Desember 2015. Tema Raker adalah Program dan tatakelola Balitbangtan TA 2015 mendukung Swasembada Pangan, diikuti oleh sekitar 276 peserta yang terdiri dari pejabat lingkup Balitbangtan, peneliti, profesor riset serta undangan. Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo, hadir pada Raker tersebut, didampingi oleh Dr. Gatut Wahyu AS (Koordinator Program), Ir. Wisnu Unjoyo, Dr. Yusmani Prayogo, Prof. Dr. Marwoto, dan Muchlish Adie.

Laporan Ketua Panitia dan Arahan Kepala Balitbangtan Mengawali arahannya, Kepala Balitbangtan, Dr. Haryono M.Sc menyampaikan bahwa suasana yang terjadi saat ini (2015–2019) memiliki banyak kemiripan dengan 2005–2009, termasuk suasana yang terjadi di Balitbangtan. Perubahan-perubahan lingkungan strategis yang terjadi saat ini memang memerlukan konsolidasi, koordinasi dan pemahaman bersama. Pada periode 10 tahun yang lalu, awal dicetuskannya strategi Balitbangtan melalui posisinya di kurva kedua Balitbangtan, yang penguatannya diarahkan pada SDM, fasilitas penelitian, dan kerjasama dan orientasi riset. Warga Balitbangtan diminta untuk memiliki spirit memasuki era baru 2015–2019.

Sidang pleno dan peserta RakerApa yang harus dipahami di era sekarang ini, era manajemen baru, pemerintahan baru, strategi baru dsbnya adalah ”sinergi – harmoni – simplifikasi (penyederhanaan)”. Lima tahu terakhir harus diakui Balitbangtan telah mampu memposisikan secara baik melalaui scientific maupun impact recognization. Dr. Haryono meminta agar tahun 2014 ditutup dengan cacatan yang lengkap (dokumen rapi) dan sebarluaskan apa yang sudah dihasilkan. Dan memasuki era 2015–2019, program kegiatan penelitian harus sesuai dengan program pemerintah seperti RPJM dsbnya, melakukan kegiatan yang bersifat eskalatif. Terhadap program eskalasi tersebut, Kepala Balitbangtan memberikan tekanan, dipahami dan dilaksanakan. Kerjakan, go. Eskalasinya adalah percepatan swasembada.

MMA/AW