Berita ยป Faperta Univ Pekalongan Ingin Mahasiswanya Penelitian di Balitkabi

Sebagai calon pemimpin bangsa, mahasiwa harus membekali diri dengan banyak hal, khususnya ilmu sesuai bidang studi yang digelutinya saat ini. Untuk itu, Senin 21 Januari 2012, sebanyak 45 mahasiswa Fakultas Pertanian Univ Pekalongan dengan para pembimbingnya berkunjung ke Balitkabi. Mereka diterima oleh Prof Sudaryono dan Prof Nasir Saleh, sebagai pemateri teknis dan Staf Jasa Penelitian, Achmad Winarto.

“Pada dasarnya kami ingin para mahasiswa mengetahui dunia penelitian yang sebenarnya, agar pengetahuan tentang ilmu yang ditekuninya lebih mendalam”, tutur pembimbing mewakili Dekan Faperta. Dengan kunjungan ini Pihak Faperta menginginkan adanya Memorandum of Understanding (MOU) agar para mahasiswa bisa melaksanakan Praktik atau Kuliah Kerja Nyata (PKL) dan penelitian untuk penelitian skripsi di Balitkabi.

Menjawab permintaan tersebut, Pak Winarto, yang mewakili Balitkabi menyatakan, bahwa pengalaman selama ini, untuk praktik dan pembimbingan tugas akhir (skripsi) pihak Fakultas langsung mengirim surat permohonan kepada Kepala Balitkabi. Nanti akan dicarikan peneliti sebagai pembimbing baik untuk PKL atau penelitian skripsi. “Jadi tidak diperlukan MOU”, tegas Pak Win. Yang utama adalahmateri skripsinya harus sesuai dengan topik penelitian yang sedang dilaksanakan Balitkabi. “Tidak ada biaya untuk seluruh penelitian. Mahasiswa hanya perlu memikirkan biaya hidup selama penelitian di Balitkabi”, lanjut pak Win.

Selepas penjelasan dari Prof Sudaryono dan Prof Nasir Saleh, serta paparan tentang Balitkabi oleh Pak Winarto, para mahasiswa yang masih duduk di semester 3 dan 5 ini dibawa ke Kebun Percobaan Kendalpayak dan lalumeninjau prosesing perbenihan di Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS).

AW