Berita » FGD Penggunaan Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan oleh Petani

Pembukaan FGD oleh Kapus PVTPP

Pembukaan FGD oleh Kapus PVTPP

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) Kementerian Pertanian,12 Agustus 2021, menyelenggarakan FGD tentang penggunaan varietas lokal dan hasil pemuliaan oleh petani dalam perspektif sistem perlindungan varietas tanaman. FGD dilakukan secara luring dan daring. Balitkabi (M. Muchlish Adie dan Ayda Krisnawati) mengikutinya secara daring.

Kepala Pusat PVTPP, Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si, membuka acara FGD dan menyampaikan bahwa Indonesia sedang memikirkan perlu tidaknya menjadi anggota UPOV (The International Union for the Protection of New Varieties of Plants). FGD saat ini menjaring masukan tentang gambaran dan pemikiran dari para ahli, dan juga menempatkan UPOV sebagai kerangka kepentingan nasional. Varietas lokal dan varietas hasil pemuliaan petani juga menjadi bagian penting untuk dipertimbangkan dalam kerangka UPOV. Selain itu, juga bagaimana memposisikan Breeder’s Rights dan Farmer’s Rights.

Narasumber FGD adalah Prof. Dr. Muhammad Firdaus dan Prof. Dr. Sobir, sedangkan pembahas FGD adalah Prof. Dr. Agus Sardjono dan Said Abdullah. Rencana keanggotaan UPOV telah dilakukan kajian dari aspek keamanan SDG, kepentingan pemuliaan, dan juga nilai ekonominya. Sebagai pembelajaran, dilakukan kajian terhadap negara Cina dan Vietnam yang telah menjadi anggota UPOV. Demikian juga perlu dilihat keserasian UPOV dengan regulasi yang ada saat ini di negara Indonesia. Juga disampaikan perbandingan antara perlindungan varietas dan pelepasan varietas. Kajian dari sisi regulasi juga banyak dibahas oleh Prof. Agus Sardjono. Yang menarik disampaikan oleh Said Abdullah, “Apa UPOV? UPOV untuk apa dan siapa?. Tekanannya adalah perlindungan kepada hak-hak petani, khususnya petani kecil, yang juga sebagian memiliki varietas lokal”, pungkasnya. Kajian secara mendalam memang masih diperlukan, untung ruginya menjadi anggota UPOV, terutama juga perlindungan kepada kepentingan petani Indonesia.

fgd3 fgd fgd1
Pemaparan narasumber pada FGD

MMA