Berita » Fragmen Tempe Kedelai

fragmen fragmen1 fragmen2
Aneka ragam pembungkus tempe di pasar Kranggan, Yogyakarta, Agustus 2020

Sejarawan Ong Hok Ham menulisnya, Tempe Sumbangan Jawa untuk Dunia. Konon tempe berasal dari bahasa Jawa Kuno, tumpi. Bisa juga tempe berasal dari tape (asal kata Nusantara) yang mengandung makna fermentasi. Tempe, dulunya dikaitkan dengan kedelai, walaupun saat ini, ragam bahan baku tempe telah beraneka macam. Diakui, saat ini tempe memang menjadi makanan bercitarasa tinggi nan kaya gizi.

Memang peruntukan utama kedelai di Indonesia selain untuk tahu, juga untuk tempe. Pemasok kedelai sebagai bahan baku tempe semakin beragam, dulunya pemasok menjual biji kedelai utuh, saat ini telah disediakan biji kedelai tanpa kulit (kedelai giling). Bahkan pembungkus/kemasan tempe juga mengalami berbagai modifikasi.

Industri pembuat tempe berskala kecil hingga besar semakin banyak, dan masing-masing memiliki branding yang berbeda-beda. Taruhlah di Pasar Kranggan, Yogyakarta, tempe sebagai makanan populer, dijual dengan beragam jenis bahan pembungkus, seperti daun pisang, plastik dan kertas. Harga sepotong tempe (perbungkus) berkisar antara 6 – 8 ribu, tergantung kepada ketebalan dan ukuran tempe (Gambar 2). Sedangkan tempe yang dibungkus dengan daun pisang ukuran kecil, dijual dengan harga seribu rupiah dan ukuran agak besar dengan harga tiga ribu rupiah per bungkus (Gambar 1). Sebagian tempe di Pasar Kranggan, menuliskan pada pembungkus tempenya “murni”, untuk menggambarkan kualitas tempenya dari kedelai murni. Lain halnya dengan yang ada di kota Malang, sebagai kota tempe, sebagian besar tempe dijual dalam bentuk batangan tanpa pembungkus.

Memperhatikan ragam industri tempe yang dipasarkan di Pasar Kranggan, memperlihatkan bahwa industri tempe tetap bergairah, tidak lesu pada saat terjadi bencana seperti pandemi covid-19 seperti yang terjadi saat ini. Masyarakat tetap membutuhkan kehadiran tempe dalam makanan sehari-hari. Tempe adalah makanan segala lapisan masyarakat, makanan sehat dan menyehatkan. Sehat dengan Tempe.

fragmen fragmen3 fragmen4
Gambar 1. Tempe dibungkus daun pisang di pasar Kranggan Yogyakarta,21/8/2020.
fragmen5 fragmen1 fragmen6
fragmen7 fragmen2 fragmen8
Gambar 2. Ragam kemasan tempe di pasar Kranggan Yogyakarta,21/8/2020.

MMA