Berita » Gandeng Balitkabi, Provinsi Jabar Berinisiasi Ajukan Porang Lokal Jawa Barat sebagai Varietas Baru

Kegiatan identifikasi porang lokal Jawa Barat

Kegiatan identifikasi porang lokal Jawa Barat

Antusias pemerintah daerah mengeksplorasi aset lokalnya berupa tanaman porang untuk dilepas sebagai varietas unggul semakin tinggi, salah satunya adalah Provinsi Jawa Barat. Bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan BPSB Provinsi Jawa Barat, Asosiasi Petani Porang Nusantara Komda Jawa Barat, Kabupaten Subang, Majalengka, Tasikmalaya, dan Ciamis mengundang Balitkabi pada tanggal 18 Februari 2021 untuk melakukan identifikasi varietas porang lokal yang dikembangkan petani, yang diperoleh langsung dari hutan disekitar daerah masing-masing. Balitkabi diwakili dua peneliti porang, yaitu Ratri Tri Hapsari, S.P., M.Si. dan Sutrisno, S.P.

Identifikasi pertama dilakukan di lahan pertanaman porang yang dikelola kelompok tani Saung Pusaka, Subang. Pak Imam (Ketua Asosiasi Petani Porang) menuturkan, “Lahan ini luasnya sekitar 1 hektar. Sumber benih porang berasal dari umbi yang diperoleh dari beberapa wilayah hutan di sekitar Subang dan Sumedang”. Hasil identifikasi tanaman porang tersebut menunjukkan bahwa terdapat varian cukup beragam pada mayoritas tanaman porang yang dibudidayakan, sehingga berpotensi besar dilepas menjadi varietas lokal Subang atau Jawa Barat.

Selain menunjukkan cara identifikasi varietas porang, tim Balitkabi juga menjelaskan tentang karakteristik tanaman porang Madiun 1. Terlihat bahwa karakter fenotipik berupa batang dan daun sudah terlihat berbeda, namun tetap perlu diidentifikasi karakter lain, untuk mendukung keunikan porang lokal Jawa Barat. Beberapa karakter yang masih perlu dikaji, antara lain bentuk bunga, warna bunga, corak batang atau tangkai bunga, bentuk umbi, warna umbi, dan karakter umbi katak atau bulbil. Identifikasi karakter tersebut belum dapat dilakukan sepenuhnya dikarenakan tanaman masih dalam fase vegetatif dan menunggu waktu panen ataupun awal pertumbuhan untuk mengidentifikasi karakter tersebut. Proses identifikasi akan dilakukan oleh BPSB Jawa Barat dan Dinas Pertanian Provinsi maupun Kabupaten untuk melanjutkan proses pelepasan varietas tersebut. Balitkabi bersedia memandu dalam proses identifikasi dan pendaftaran varietas lokal.

Semoga porang lokal Jawa Barat dapat segera didaftarkan dan dilepas sebagai bentuk legalitas kekayaan sumber daya genetik yang ada di Jawa Barat.

STR/ RTH

identifikasi1 identifikasi2 identifikasi3
Suasana diskusi bersama BPSB dan petani tentang identifikasi dan sertifikasi porang