Berita » Gelar Aneka VUB Kacang Balitkabi Siap Sambut Tamu HPS

Balitkabi, sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang Pertanian, telah menghasikan inovasi-teknologi produksi tanaman aneka kacang dan umbi berikut kegiatan pendiseminasiannya agar inovasi-teknologi tersebut cepat diketahui, dipahami, dan diterapkan oleh masyarakat tani. Wujud hasil-hasil penelitian dapat berupa:

  • Varietas unggul berikut benih sumbernya
  • Pupuk dan pestisida
  • Teknologi budidaya, serta
  • Teknologi pascapanen primer dan sekunder (pengolahan hasil).

27-10-16a

Dalam rangka menyegerakan hasil penelitian diterapkan oleh petani, Balitkabi mengadadakan Pameran dan Gelar Teknologi dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Boyolali Jawa Tengan, 23–30 Oktober 2016.

Dalam gelar tersebut 23 varietas unggul baru kedelai, kacang tanah dan kacang hijau ditanam dengan teknologi anjuran. Dari hasil pengamatan yang dilakukan keragaan tanaman di lapang sangat baik, sehingga diprediksi hasilnya akan optimal. Pertanaman tersebut siap dikunjungi peserta HPS.

27-10-16b

Varietas unggul kedelai yang digelar adalah: Dega 1, Grobogan, Dena 1, Demas 1, Dering 1, Devon 1, Detam 1, Detam 2. Sedang untuk varietas unggul kacang tanah yaitu: Takar 1, Takar 2, HypoMa 1, HypoMa 2, Talam 2, Talam 3, dan Kancil. Dan untuk kacang hijau meliputi: Vima 1, Vima 2, Vima 3, Kutilang, Murai, Sriti, Betet, Kenari

Di samping ditanam secara monokultur, kedelai juga ditanam di bawah pohon kates dalam rangka untuk menunjukkan bahwa pertanaman kedelai tersebut tidak mengganggu produksi buah katesnya.

Di gelaran ini Balitkabi juga membuka gerai yang menawarkan produk olahan dari ubi jalar seperti jus, es krim, puding, onde-onde, susu kedela dan kacang tanah lemak rendah. Tiwul, cassava blanca, brownies, kue mangkok juga menjadi produk yang boleh dicicipi di stand Balitkabi tersebut.

27-10-16c

Silakan berkunjung, staf Balitkabi siap menjawab pertanyaan Bapak dan Ibu, termasuk informasi tentang pembelian benih kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar, juga teknologi budidaya aneka kacang dan umbi, dan publikasi hasil-hasil penelitian dan sebagainya. Silakan…

AW