Berita » Giat Penanaman Ubi Jalar di Kawasan Wisata Pantai SCB Probolinggo

Probolinggo – Jumat 8 Oktober 2021, Balitkabi–Badan Litbang Pertanian melalui IP2TP Muneng ikut memeriahkan acara Gerakan Aksi untuk Lingkungan Pariwisata melalui penanaman varietas ubi jalar seperti Beta 2, Antin 2, dan Pating 1 yang diselenggarakan di kawasan wisata pantai Surya Citra Bahari (SCB) kota Probolinggo.

Penanaman stek ubi jalar oleh Walikota Probolinggo

Penanaman stek ubi jalar oleh Walikota Probolinggo

Penanaman varietas ubi jalar dilakukan oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, S.H., M.M., diikuti oleh Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Kepala Lapas, Kepala UPT PPP Mayangan, Kadispora, Kadis DLH, Komunitas Laut SCB, Kelompok Pegiat Lingkungan dan HKTI Kota Probolinggo serta elemen masyarakat kota dan kabupaten Probolinggo.

Pada acara tersebut Balitkabi juga menyerahkan publikasi teknologi inovasi aneka kacang dan umbi beserta stek dan umbi ubi jalar kepada Walikota Probolinggo, sekaligus memandu proses penanaman ubi jalar yang dipandu oleh staf dari IP2TP Muneng.

Pemanfaatan lahan di kawasan wisata dilakukan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan penduduk sekitar serta pelaku agribisnis melalui pemberdayaan kelompok pegiat lingkungan kota Probolinggo.

Penanaman ubi jalar dilakukan menggunakan media karung/sak yang diisi media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 50:50.

Walikota Probolinggo berharap “pertanaman seperti ini perlu dikembangkan agar masyarakat mendapat nilai tambah dari inovasi teknologi baru disamping pengembangan objek wisata di wilayah Probolinggo”.

Pengenalan varietas ubi jalar (kiri) dan penyerahan publikasi Balitkabi kepada Walikota Probolinggo (kanan)

Pengenalan varietas ubi jalar (kiri) dan penyerahan publikasi Balitkabi kepada Walikota Probolinggo (kanan)

Ketua Komunitas Laut SCB (Sutanto) lanjut menambahkan, “pengembangan teknologi inovasi ini sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya, akan digalakkan lagi pertanaman ini di kawasan wisata dan lingkungan rumah ke depannya”.

SAR – IP2TP Muneng