Berita » GITA 2021: Ajang Hilirisasi Inotek Balitbangtan

Kapuslitbangtan pada salah satu VUB kacang tanah Balitbangtan

Kapuslitbangtan pada salah satu VUB kacang tanah Balitbangtan

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sebagai perakit dan penghasil inotek pertanian, pada akhirnya memang harus mensegerakan produk inoteknya dimanfaatkan oleh pengguna. Salah satunya akan dikemas dalam kegiatan hilirisasi Gelar Inovasi Teknologi Akabi (GITA 2021) yang acara puncaknya pada tanggal 24 Juni 2021, bertempat di IP2TP Muneng, Probolinggo.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si., yang didampingi oleh Koordinator Substansi Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil-hasil Penelitian (Dr. Agus Wahyana Anggara, S.Si., M.Si.) beserta tim penggerak hilirisasi Puslitbangtan, Jumat 4 Juni 2021, mengunjungi IP2TP Muneng. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., menjelaskan tentang konsep dasar acara GITA 2021 beserta berbagai kegiatan yang akan digelar pada acara GITA 2021.

Dr. Priatna Sasmita menaruh perhatian besar terhadap pelaksanaan GITA 2021, apalagi ini dilaksanakan di salah satu IP2TP Balitbangtan yang modern. “Perjelas dan perkuat konsep hilirisasinya, teknologi mana yang menjadi pemicu peningkatan produktivitas dan dimana konsep hulu-hilirnya. Poin-poin tersebut harus mudah terbaca di lapang, sehingga pengunjung GITA 2021 dapat dengan mudah memahaminya, gelar tanaman di lapang diikuti dengan keterangan yang juga mudah dan jelas”, tegas Dr. Priatna Sasmita. Kepala Balitkabi menjelaskan bahwa GITA 2021 mengetengahkan konsep hulu-hilir, sebagai contoh peragaan varietas kacang tanah Litbang Garuda 5 telah digunakan oleh industri PT. GarudaFood. Contoh lain adalah varietas Detam 1 yang digelar di lapang juga sudah digunakan sebagai bahan baku industri kecap. Gelar tanaman di lapang akan disertai dengan gelar produk yang akan disajikan dalam bentuk pameran produk. Pada GITA 2021 juga dilakukan pelepasan ekspor ubijalar dan kecap. Demikian juga untuk memperkuat dukungan Balitbangtan terhadap produktivitas kedelai nasional, akan dibagikan 10 ton benih kedelai kelas FS.

Kunjungan lapang dan fasilitas lainnya di IP2TP Muneng diakhiri dengan apresiasi oleh Kapuslitbangtan terhadap penyiapan GITA 2021 oleh jajaran Balitkabi.

AK

gita1 gita2 gita3
gita4 gita5 gita6
Kunjungan Kapuslitbangtan dan tim ke area GITA 2021 di IP2TP Muneng