Berita ยป Rencana Induk Pembangunan Pertanian 2013-2045 dan Standar Kompetensi Fungsional Peneliti

pancar

Di samping pemaparan masing-masing balai dan lolit tentang evaluasi kinerja dan perencanaan, di hari keduaRaker Puslitbangtan 2013, dipaparkan dua makalah oleh dua nara sumber, dilanjutkan dengan Diskusi Kelompok. Prof. Pantjar Simatupang yang juga staf ahli Menteri Pertanian menyampaikan paparan “Strategi Induk Pembangunan Pertanian 2013-2045. Sementara Prof. Dr. Elna Karmawati menguraikan Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Peneliti berdasarkan Peraturan Kepala LIPI No. 04/E/2009.

Dari tujuh butir senarai materinya, Prof Pancar menekankan pada Bioindustri dan Biomasa baru untuk peningkatan nilai tambah dan menggunakan ubikayu sebagai contoh (pemrosesan singkong konvensional dan konsepbiorefinery).Sebagai penutup disampaikan agenda penelitian yang penting untuk dilakukan serta tantangan advokasi sistem Pertanian-Bioindustri berkelanjutan. Selengkapnya tujuh butir untuk membangun pertanian-Bio-industri berkelanjutan tersebut mencakup: (1) Pembangunan pertanian jangka panjang; (2) Landasan konseptual, (3) Prinsip dasar, misi, visi, arah dan sasaran,(4) Pilar, strategi utama, dan prasyarat keberhasilan,(5) Sistem pertanian Bio industri, (6) Tahapan dan skala prioritas; dan (7) Implikasi bagi Litbang Tanaman Pangan.


Prof. Dr. Elna Karmawati memberikan penjelasan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengangkatan peneliti pertama dari S1 dan hasil Kerja minimal yang harus dicapai masing-masing jenjang peneliti (Pertama, Muda, Madya, dan Utama). Hasil kerja minimal untuk peneliti utama adalah melakukan orasi sesudah angka-kreditnya terpenuhi. Materi ini di rasa sangat penting bagi para peneliti sehingga terjadi diskusi yang cukup menarik.

Selanjutnya giliran BB Padi, Lolit Tungro, Balitsereal, dan Balitkabi masing-masing menyampaikan Program terobosan 2013 dan Rencana Kinerja 2014. BB Padi dan Lolit Tungro mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan programnya dilanjutkan diskusi. BB Padi yang diwakili oleh Dr Yuliantoro Baliadi memfokuskan dukungan pencapaian empat target sukses pembangunan pertanian, utamanya pencapaian swasembada beras.

Setelah penyampaian program-program masing-masing unit kerja, dilakukan sidang kelompok, dengan pengelompokan: Kelompok I membahas Rencana Kerja (Kegiatan dan Anggaran) 2014 Litbang Tanaman Pangan; Kelompok II membahas Renstra Litbang Tanaman Pangan 2015-2019; dan Kelompok III mendiskusikan Rencana Pengembangan Sumberdaya Penelitian dan Diseminasi Hasil Litbang Tanaman Pangan).

Wit/Sutrs/AW