Berita » Hasil Penelitian adalah Inovasi

Data pada WEF, menunjukkan bahwa posisi Indonesia berada pada urutan ke 41 dari 144 negara. Inovasi yang merupakan salah satu tolok ukur WEF di atas, menjadi bagian yang harus dipacu peningkatannya, sebagai contoh Malaysia berada pada urutan ke 20.

Negara yang melek inovasi umumnya berada pada urutan di bawah 40. Fakta tersebut diingatkan kembali pada pembukaan rapat kerja Pengembangan PUI tahun 2016 yang disampaikan oleh Sekretaris Dirjen Kelembagaan Iptek (Agus Indarjo).

Disampaikan oleh Direktur Lembaga Litbang, raker yang dilaksanakan 17–18 Februari 2016 di Gedung D Kemenristekdikti, diikuti oleh 103 peserta berasal dari 45 PUI. Ketersebaran PUI masih belum merata antar provinsi maupun antar koridor ekonomi.

Dari 45 PUI, 19 PUI telah ditetapkan, 3 PUI mendapatkan perpanjangan dan sisinya 45 PUI berada dalam tahap pembinaan. PUI Aneka Kacang dan Umbi telah ditetapkan pada Desember 2014, dan dua pengelola PUI Akabi (Muchlish Adie dan Ayda Krisnawati) hadir pada Raker tersebut.

Pembukaan dan peserta Raker PUI 2016.

Pembukaan dan peserta Raker PUI 2016.

Pembukaan dan peserta Raker PUI 2016. Agenda Raker berupa penjelasan tentang rencana kerja PUI 2016, web-based PUI, akreditasi KNAPPP, program insentif Kemenristekdikti, konsep instrumen pengukuran Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT), serta proses pembelajaran kisah sukses dari beberapa PUI.

Saat ini Indonesia berada dalam era MEA, dan nampaknya kita ngos-ngosan menghadapinya, karena ketidaksiapan dan ketidakpedulian kita semua. Peneliti harus selalu mengupdate kemampuannya. PUI harus berperan sebagai pendorong terhadap ketersediaan inovasi agar segera dimanfaatkan oleh industri dan masyarakat.

Saatnya masing-masing mempertanyakan sudah berapa banyak hasil-hasil penelitian yang telah diinovasikan?. Kuncinya ada di penguatan hilirisasi. Paten dsbnya jangan dbiarkan sebagai benda mati, tidak memiliki nilai ekonomi, segera gunakan sebagai penguat hilirisasi.

Penyampaian materi raker PUI 2016

Penyampaian materi raker PUI 2016

Penyampaian materi raker PUI 2016. Agenda PUI selama tahun 2016 telah disampaikan diantaranya Ritech yang akan dilakukan di Bandung, aktivasi Pusat Eksibisi, workshop PUI, deklarasi PUI dsbnya, dan yang segera harus disiapkan oleh masing-masing PUI adalah menyusun Poposal Rencana Kerja PUI Tahun 2016, termasuk PUI Akabi.

MMA