Berita ยป Implementasi Emansipasi Perempuan

a-foto_implementasi--emansi

Kebangkitan kaum perempuan di Indonesia telah didengungkan dan diinisiasi oleh pejuang dan pahlawan perempuan Indonesia yakni RA Kartini. Saat ini, kaum perempuan Indonesia telah mendapatkan hak yang sana dengan kaum laki-laki dalam hal pendidikan, kesempatan, pendapatan, pekerjaan dsbnya.

Dharma Wanita Gabungan, yang beranggotan dari 5 UPT Badan Litbang Pertanian di Jawa Timur, 3 UPT Badan SDMP di Malang Raya dan Balai Besar Inseminasi Buatan di Malang, pada pertemuan rutin 3 bulan sekali, 23 April 2013 di Loka Penelitian Sapi Potong, merangkai kegiatan utamanya denganPeringatan Hari Kartini. Peringatan diisi dengan beragam lomba dan bazaar murah.


Ketua Dharma Wanita Gabungan, Ir. Lilik Qomaria Muchlish mengingatkan dan mengajakan seluruh Dharma Wanita untuk menghadirkan kembali aroma emansipasi dan warna kewanitaan dalam setiap rumah tangga. Era sekarang, wanita berkarier di luar rumah bukan hal yang tabu, demikian juga anak-anak juga semakin tinggi aktivitasnya di luar rumah. Di sinilah diperlukan porsi dan posisi ideal kaum perempuan dalam rumah tangga sangat diperlukan. Juga ditambahlan, Peringatan Hari Kartini di media massa yang hampir selalu diisi dengan potret keberhasilan kaum perempuan sambil mempergunakan gaun berkebaya, merupakan satu sisi, tetapi sisi lain, marilah kita tengok, buruh tani sambil menggendong anaknya harus bekerja di ladang, bahkan setelah itu masih harus menyelesaikan tugas rumah tangga dan mengantar anak sekolah, mengapa hal ini tidak juga ditengok dan diberikan apresiasi.

Pada akhir sambutannya, Ibu Lilik, mengajak juga, para Dharma Wanita untuk selalu tahu dan mengikuti program unggulan Badan Litbang Pertanian, misalnya tentang KRPL. Tidak lupa juga menyampaikan selamat datang kepada Ibu Kepala Loka Penelitian Sapi Potong yang baru. Selamat bergabung ke Dharma Wanita.

DW/MMA/AW