Berita » Inisiasi Kerjasama antara Balitkabi dengan UMM

Sinergisitas antar lembaga riset semakin diperlukan untuk memperkuat dan mempercepat perolehan outcome yang memiliki dampak manfaat bagi masyarakat luas. Pada 20 Januari 2021, diinisiasi pembahasan sinergi riset antara Balitkabi Balitbangtan dengan Fakultas Pertanian – Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dilakukan secara daring. Program kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari arahan Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, pada saat monev kegiatan penelitian Prioritas Riset Nasional dan kuliah tamu di UMM. Ditegaskan oleh Dr. Haris, bahwa riset yang baik adalah riset yang mencakup berbagai aspek dan kerjasama dari berbagai lembaga.

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari M.P., yang didampingi oleh Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Koordinator Program, dan Ketua Kelompok Peneliti, pada saat diskusi menyampaikan bahwa Balitbangtan selalu terbuka bagi stakeholder termasuk kepada mahasiswa. Balitkabi memiliki empat kelompok penelitian, yaitu pemuliaan, ekofisiologi, hama dan penyakit tanaman, serta sosial ekonomi, yang selanjutnya diharapkan kerjasama yang terjalin akan semakin luas. Pada saat diskusi, dari pihak UMM diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Noor Harini, M.S., Dr. Ir. Damat, M.P., IPM., Desiana Nuriza Putri S.TP., M.Sc., Devi Dwi Siskawardani, S.TP., M.Sc., Rista Anggriani, S.TP., M.P., M.Sc., Hanif Alamudin Manshur, S.Gz., M.Si., dan Sri Winarsih, S.TP., M.P., dari Program Studi Teknologi Pangan.

Lingkup kerjasama ini antara lain di bidang penelitian, magang, dan praktek kerja lapangan dalam mendukung kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Diskusi ini bertujuan untuk mempertajam aspek-aspek kerjasama yang akan dilaksanakan mengacu pada nota kesepahaman yang telah disampaikan sebelumnya.

Nota kesepahaman yang disepakati berfungsi sebagai landasan hukum dan operasional dari Penyelenggaraan Program Sarjana, Program Studi Teknologi Pangan UMM, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu/kualitas mahasiswa. Sebelumnya, telah banyak mahasiswa UMM yang melaksanakan magang maupun penelitian di Balitkabi. Kegiatan magang maupun penelitian dengan lembaga riset bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja sesungguhnya, dan mempraktekkan ilmu yang selama ini diperoleh dari kampus. Semoga inisiasi sinergi riset memberikan kemaslahatan ilmu dan menghasilkan outcome bagi masyarakat.

AA

ummumm umm
Diskusi kerjasama antara Balitkabi dengan UMM.