Berita » Inisiasi Pembangunan Zona Integritas di Balitkabi

Pemerintah telah mewajibkan setiap lembaga untuk menerapkan dan membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pentingnya penerapan Zona Integritas di suatu lembaga ditunjukkan dengan dimasukkannya Zona Integritas (ZI) sebagai salah satu indikator kinerja. Oleh karena itu, dalam rangka menginisiasi pembangunan Zona Integritas, pada tanggal 8 Februari 2021, Balitkabi mengadakan pertemuan yang dipimpin langsung oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., dan diikuti oleh Kasubbag TU, Subkoordinator Subtansi Jasa Penelitian, Tim PPID, dan sekretaris semua bidang baik dari manajemen maupun kelompok peneliti.

Kepala Balitkabi menekankan bahwa dalam pembangunan ZI, banyak indikator yang harus dipenuhi.  Oleh karena itu, perlu dibentuk sebuah tim yang solid untuk membantu dalam menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan. Tim ini bertugas untuk memberikan informasi teknologi dari masing-masing bagian, misalnya dari perakitan varietas unggul baru (VUB), teknologi budidaya, teknologi pengendalian hama penyakit, dan sebagainya. Salah satu yang menjadi indikator penting dalam ZI adalah pelayanan publik dan saat ini Balitkabi masih perlu melakukan peningkatan. Teknologi 4.0 menuntut pelayanan publik bisa dilakukan secara elektronik dan online, sehingga semua informasi bisa dengan mudah diakses. Perlu dibuat suatu rumusan Pelayanan Prima sesuai dengan apa yang ada di Balitkabi. Untuk memantau penerapan ZI, maka tim ZI harus membuat time table untuk memantau secara periodik.

Penerapan dan pembangunan ZI meliputi keseluruhan aspek mulai dari manajemen, pemantauan dan evaluasi, pola pikir, budaya kerja, SOP, pembinaan officer, pelayanan publik, hingga penegakan aturan. Pembangunan ZI harus disosialisasikan secara terus menerus hingga menjadi sebuah komitmen pada masing-masing komponen Balitkabi. Jika pembangunan ZI sudah terbentuk dan berjalan secara konsisten, maka akan memudahkan dalam menyediakan evidence yang diminta pada saat penilaian ZI.

zi zi1
Kepala Balitkabi memimpin inisiasi pembangunan ZI.

HP