Berita ยป Inisiasi Penelusuran Penyebaran Varietas Akabi di Jawa Timur

Jumlah penduduk yang terus meningkat memacu peningkatan kebutuhan pangan. Komoditas aneka kacang dan umbi (Akabi) memiliki peran penting dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Varietas unggul Akabi yang telah dirilis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) hingga saat ini telah banyak diadopsi oleh petani di seluruh wilayah Indonesia.

Pengembangan areal tanam komoditas Akabi diarahkan ke lahan-lahan potensial di luar jawa. Saat ini, pemerintah sedang berupaya mewujudkan program food estate yang diawali di Kalimantan Tengah dan akan disusul di beberapa lokasi lain di Indonesia. Hal ini menunjukkan perhatian besar pemerintah terhadap pemenuhan kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Balitkabi harus berperan menyukseskan keberhasilan program tersebut, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Balitkabi yang mempunyai mandat untuk mengelola penelitian tanaman aneka kacang dan umbi serta produksi benih BS dan FS komoditas Akabi.

Pengembangan areal tanam baru komoditas Akabi sebagai penyangga ketahanan pangan Indonesia yang direncanakan dikembangkan pada tahun 2021 perlu didukung dengan sarana yang memadai, salah satunya adalah ketersediaan benih. Balitkabi sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Balitbangtan yang memiliki mandat menghasilkan Varietas Unggul Akabi diharapkan dapat memberikan informasi akurat tentang penyebaran varietas Akabi yang telah dihasilkan selama ini. Untuk memperoleh informasi tersebut, tim Balitkabi melakukan kunjungan ke Balai Pengawasan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Jawa Timur.

UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PSBTPH) mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang kultivar dan sertifikasi benih, pengujian benih secara laboratoris, pengawasan peredarannya, ketatausahaan, dan pelayanan masyarakat . UPT. PSBTPH merupakan UPT di bawah Direktorat Perbenihan yang secara langsung membantu pelaksanaan sertifikasi benih tanaman pangan dan hortikultura.

Kunjungan diterima oleh Kepala UPT. PSBTPH Denny Kurniawan, S.P., M.M. Diskusi dilanjutkan bersama Ir. Kusworo, M.Agr. dan Ir Syahdan terkait perkembangan varietas Akabi di Provinsi Jawa Timur dan perbenihannya. Hasil diskusi menyebutkan bahwa varietas unggul Akabi dari Balitbangtan sudah banyak dikembangkan di beberapa daerah di Provinsi Jawa Timur. Bentuk pengembangan berupa berupa bantuan pemerintah maupun pengembangan secara pribadi setelah varietas dikenal petani. Tidak semua varietas yang sudah dirilis berkembang seimbang pada semua daerah.

bpsb bpsb1
Tim Balitkabi berkoordinasi dengan UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PSBTPH) Prov.Jawa Timur di Surabaya

Beberapa varietas ubi kayu berkembang luas seperti di Madura, Pacitan, Trenggalek, dan Kediri. Berdasarkan data yang diperoleh, varietas ubi kayu yang dikembangkan di Kabupaten Pacitan meliputi 10 varietas dengan terluas adalah varietas Darul Hidayah. Sedangkan untuk ubi jalar, varietas yang banyak berkembang antara lain Sari, Beta 1, Beta 2, dan Sukuh. Sementara itu, di Kabupaten Ngawi ternyata masih berkembang varietas lama yaitu Borobudur, Prambanan, dan Mendhut. Adanya perubahan nama menjadi nama lokal di daerah pengembangan menjadi kendala tersendiri dalam penelusuran jejak inovasi Balitbangtan. Oleh karena itu berdasarkan informasi yang diperoleh perlu di cek di lapang kebenaran varietas Balitbangtan yang berkembang di suatu daerah. Hal ini selain untuk memantau adopsi varietas juga untuk mengetahui outcome yang diperoleh dengan adanya pengembangan varietas tersebut.

Disamping membahas tentang penyebaran ubi kayu dan ubi jalar di Jawa Timur, BPSB juga menyampaikan saran mengenai pelaksanaan peraturan PP. No. 620 tahun 2019 tentang pemurnian benih lokal. Diharapkan oleh BPSB, Balitkabi sebagai lembaga yang berwenang melakukan pelepasan varietas dapat membantu memberikan surat keterangan kejelasan varietas ketika terdapat produsen Benih yang hendak mensertifikasikan benih komoditas yang menjadi tupoksi Balitkabi.

 

FCI, SUTRISNO, KNW, WR,SW