Berita » Inovasi, Bangun Bangsa

Pembukaan Hakteknas ke-24, di Denpasar Bali,26 Agustus 2019

Pembukaan Hakteknas ke-24, di Denpasar Bali,26 Agustus 2019

Serangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24 telah dilaksanakan di Grand Inna Bali Beach Denpasar Bali, pada 26 Agustus 2019, diawali Pembukaan Kegiatan Ilmiah 2019, yang menaungi berbagai kegiatan ilmiah seperti rakor, seminar dan sebagainya. Pembukaan dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir didampingi oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Wakil Menteri Keuangan dan Ketua Pansus DPR RI tentang Sisnas Iptek. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S., bersama dengan Kepala Seksi Pelayanan Teknik (Dr. Rudi Iswanto), Koordinator Program (Dr. Andy Wijanarko), peneliti (Dr. Joko Susilo Utomo dan Dr. M. Muchlish Adie) hadir pada acara pembukaan tersebut.

Hakteknas 2019 bertemakan IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0., dengan sub tema “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” dengan tagline : “Inovasi, Bangun Bangsa”. Mengawali sambutannya, Menristekdikti menyampaikan bahwa kita bermimpi, Indonesia seperti kemajuan yang telah dicapai oleh Korea Selatan. “Kita harus berbangga karena saat ini telah lahir UU No 11 tahun 2019 tentang Sinas Iptek,” kata Mohamad Nasir. Tersusunnya RIRN (Rencana Induk Riset Nasional) menjadi landasan kuat pelaksanaan riset nasional yang berjangka panjang. Pada RIRN 2017 – 2045 juga telah memperhatikan aspek perindustrian, kebijakan energi dan ekonomi kreatif.

Pembukaan Kegiatan Ilmiah 2019 pada Hakteknas dan Sambutan Menristekdikti Moh. Nasir

Pembukaan Kegiatan Ilmiah 2019 pada Hakteknas dan Sambutan Menristekdikti Moh. Nasir

harteknas3

harteknas4

Suasana pembukaan Hakteknas 2019

harteknas5

Peserta dari Balitbangtan

Peserta dari Balitbangtan

Sinas Iptek yang terdiri dari 10 bidang riset menempatkan pangan dan pertanian sebagai bagian utama. Diingatkan oleh Menristekdikti bahwa sehebat-hebatnya teknologi maka harus tetap memperhatikan kondisi sosial, budaya dan ekonomi. Teknologi menjadi tidak berarti jika hal tersebut diabaikan. Kemajuan teknologi di era 4.0 seperti AI, IOT dan Robotik, harus mulai diintegrasikan pada aktivitas riset nasional. Ekonomi kreatif harus dipacu untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Pada acara Pembukaan Kegiatan Ilmiah 2019, dilakukan berbagai penandatangan MoU dan peluncuran Universitas Siber Asia, berbagai aplikasi berbasis IT seperti Ide Menulis dan sebagainya. Bangkitlah inovasi, Majulah Indonesia.

MMA