Berita » Internalisasi Reformasi Birokrasi (RB), Core Value ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa

Reformasi birokrasi merupakan isu penting di seluruh LK dan LPNK, sehingga penerapan RB merupakan unit yang merata di seluruh unit kerja, Hal itu tidak terkecuali di Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), maka dilakukan Internalisasi Reformasi Birokrasi (RB). Tujuan internalisasi adalah untuk menyatukan diri melaksanakan reformasi birokrasi dan program kerja Kementerian Pertanian. Seluruh satker Balitbangtan mengikuti pertemuan ini melalui zoom meeting pada tanggal 14 April 2022. Plt. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari bersama dengan Koordinator Subtansi Yantek Dr. Rudi Iswanto, Koordinator Subtansi Jasa Penelitian Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom., dan agen perubahan Balitkabi, ikut bergabung dalam acara internalisasi RB tersebut.

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA saat membuka acara

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA saat membuka acara

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, pada saat membuka acara menekankan bahwa ada tiga nilai pendekatan yang wajib kita tanamkan, yaitu Burning Platform, Reformasi Birokrasi, dan ASN BerAKHLAK. Burning Platform adalah para pimpinan satker harus membakar kebiasaan-kebiasaan standar yang sering dilakukan dan menggantinya dengan inovasi-inovasi baru. Haris juga secara sekilas memberikan contoh-contoh internalisasi RB yang mencakup 8 area perubahan.

Plt. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari mengikuti acara Internalisasi RB

Plt. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari mengikuti acara Internalisasi RB

Tak hanya reformasi birokrasi, pemaparan juga diisi oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian Drs. Zulkifli, MM. mengenai Core Value ASN BerAKHLAK. Fokus reformasi birokrasi Kementerian Pertanian saat ini adalah kita harus siap untuk tidak lagi menjadi Balitbangtan, tidak lagi bernuansa penelitian, akan tetapi tidak boleh lengah dalam reformasi tersebut. Menghadapi tantangan kedepan, semua menggunakan azas roadmap 2020-2024 Kementerian Pertanian, yaitu Fokus dan Prioritas. Fokus pada akar masalah yang ada di pemerintahan, dan setiap instansi memiliki prioritas perubahan sesuai dengan sumber daya dan tantangan yang dihadapi, sehingga diharapkan pada tahun 2025 pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan semakin baik. Core Value ASN berAKHLAK juga tidak terlepas dari 8 area perubahan meliputi Manajemen Perubahan, Deregulasi Kebijakan, Penataan Organisasi, Penguatan SDM Aparatur, Penataan Tata Laksana, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Di penghujung paparannya, Ka Biro OK menegaskan bahwa kita semua adalah abdi negara, tidak berfikir berapa banyak yang sudah diberikan negara kepada kita, akan tetapi berapa besar yang sudah kita berikan kepada negara. Hal itu sejalan dengan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa. Bangga melayani bangsa wajib ditanamkan didalam jiwa setiap ASN. Karena ASN merupakan profesi yang berlandaskan UU No. 5 Tahun 2014 dimana ujungnya mempunyai komitmen, integritas moral, dan tanggung jawab pada pelayanan publik. Koordinator Organisasi dan Tata Laksana Biro OK Kementan menegaskan bahwa ASN tidak hanya sebagai role model, akan tetapi sebagai change leader.

berita-190422-internalisasi-c

Balitkabi sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian siap untuk burning platform, bangga melayani bangsa, dan tentunya as a change leader to make it better.

KPS