Berita » Kabi Mendukung Pekan Lahan Kering Iklim Kering

1-ntt-2

Lahan kering memiliki potensi untuk pengembangan aneka tanaman kacang dan umbi, bahkan lahan kering merupakan lumbung pangan masa depan.  Balitkabi mendukung Pekan lahan kering iklim kering, yang akan dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian, 3 September 2012, di Naibonat Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Dukungan Balitkabi pada agenda tersebut adalah gelar teknologi budidaya kacang hijau dan ubijalar. Penanaman 8 varietas kacang hijau dan 12 varietas ubijalar dilakukan antara 10–13 Juli 2012. Kacang hijau ditanam seluas 1.5 ha; 1.0 ha digunakan untuk gelar varietas Vima 1; dan sisanya digelar 7 varietas (Perkutut, Walet, Betet, Murai, Kenari, Kutilang, dan Nuri). Sedangkan 12 varietas ubijalar terdiri dari ubijalar yang warna daging umbinya oranye (Beta 1 dan Beta 2); warna kuning (Papua Solosa, Sawentar, Cangkuang, Kidal, Sari), warna putih (Sukuh, Jago) dan tiga klon harapan berwarna ungu. Penanaman kacang hijau pada bekas tanaman padi, tanpa olah tanah. Beragamnya varietas yang ditanam untuk mendiseminasikan berbagai inovasi varietas hasil Badan Litbang Pertanian.

Kegiatan tanam kacang hijau di lahan kering seluas 1,5 ha di Naibonat, NTT

Komoditas kacang hijau memiliki prospek untuk dikembangkan di lahan kering. Umurnya yang hanya 55 hari berpeluang masih mampu memanfaatkan sisa air, di samping juga kacang hijau relatif toleran kekeringan (mekanisme escape). Vima-1 yang ditanam pada skala luas, berpotens digunakan sebaai sumber benih.  Keunggulan Vima-1 adalah umur masaknya relatif serempak.  Setelah dilepas pada tahun 2008, sekaligus merupakan varietas kacang hijau terbaru, varietas Vima 1 banyak diminati oleh petani, bahkan saat ini telah berkembang di daerah pantura Jawa. Untuk mengoptimalkan keragaan tanaman kacang hijau dan ubijalar, hal-hal yang perlu diwaspadai pada areal lahan kering adalah pengairan untuk ubijalar dan pengendalian hama untuk kacang hijau. Demikian pesan Wasito dan Ir. Joko Restuono, teknisi andalan Balitkabi yang mengawal persiapan tanam dan penanaman. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan awal tanaman, kedua teknisi andalan tersebut, tidak tanggung-tanggung, harus menyiram lahan pada sore hari.

Kegiatan tanam ubi jalar di lahan kering di Naibonat, NTT