Berita » Dinas Pertanian Kab Tabalong Perdalam Inovasi Kabi untuk Mengembangkan Daerahnya

tabalong5

Untuk lebih mendorong produktivitas kacang-kacangan dan umbi-umbian, diperlukan inovasi. Untuk itu rombongan dari Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong Kalsel berkunjung ke Balitkabi untuk mendapatkan inovasi aneka kacang-kacangan dan umbi-umbian, Kamis, 21 Juni 2012. Kabupaten Tabalong yang luasnya 3.496 km² dengan penduduk 218.954 jiwa, sebagian besar lahannya ditanami kacang tanah, dan hanya sedikit pertanaman kedelai dan umbi-umbian. Oleh karena itu pengrajin tahu dan tempe di daerah ini menggunakan kedelai impor bukan kedelai nasional yang kandungan gizinya tidak kalah dengan yang impor. Demikian diungkapkan Ir. H.M. Rochekan, M. Ap, Kabid TPH.

Rombongan diterima Dr. Moch. Muchlish Adie, Ka. Balitkabi dan Prof. Nasir Saleh yang menyampaikan materi teknologi produksi ubikayu dan ubijalar; Ir. Joko Purnomo, MS, dengan paparan tentang perbenihan dan varietas kacang tanah; Dr. Heru Kuswantoro, MP, dengan penjelasan tentang teknologi produksi kedelai; Ir. Mudji Rahayu, MS yang memberi uraian tentang penyakit utama pada kacang tanah dan pengendaliannya.

Selepas dari paparan teknologi produksi kacang-kacangan dan umbi-umbian, para tamu mengunjungi tanaman kabi di Kebun Percobaan Kendalpayak dan melihat proses pengolahan benih di UPBS, selanjutnya melihat dan mencermati produk olahan yang dibuat dari umbi-umbian di Lab. Pangan Balitkabi.

Dr. Moch. Muchlish Adie, Ka. Balitkabi (tengah) bersama beberapa peneliti saat menerima kunjungan Kab. Tabalong

Pak Yusran dan Kabid TPH menerima publikasi inovasi teknologi kabi dari Prof Nasir (kiri), Rombongan Kab. Tabalong mencermati produk olahan dari umbi-umbian (kanan)