Berita » Kado Istimewa di Hari Krida Pertanian Ke-49

Menteri Pertanian pada Upacara memperingati Hari Krida Pertanian

Menteri Pertanian pada Upacara memperingati Hari Krida Pertanian

Kementerian Pertanian kembali melaksanakan Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian ke-49 secara virtual pada Jum’at, 25 Juni 2021. Upacara diikuti oleh Sekretaris Inspektorat/Ditjen/Badan serta seluruh Kepala Unit Kerja/UPT seluruh Indonesia. Kepala Balitkabi beserta jajarannya mengikuti upacara tersebut di Ruang Seminar 2 Balitkabi.

Dalam sambutannya Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan tentang makna di balik pelaksanaan Hari Krida Pertanian yang selalu diperingati setiap bulan Juni. Bulan Juni merupakan bulan yang sangat penting bagi masyarakat pertanian Indonesia, karena saat ini terjadinya titik balik matahari sehingga terjadi pergantian musim. Oleh sebab itu pada bulan Juni terdapat banyak panen oleh petani maupun nelayan. Selain itu, bulan Juni merupakan bulan bersyukur, mawas diri dan berbangga hati bagi petani, nelayan, akademisi maupun peneliti bidang pertanian di seluruh Indonesia.

Bulan Juni sebagai bulan bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas nikmat dan karunia berupa kekayaan flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan oleh umat manusia maupun makhluk Tuhan lainnya. Bulan berbangga hati karena setelah satu tahun bertani maka saat inilah mulai memetik hasilnya. Bulan ini juga sebagai bulan mawas diri untuk perbaikan dan peningkatan hasil.

Indonesia menurut Mentan SYL, memiliki potensi sumber daya pertanian yang sangat berlimpah. Bukan hanya untuk memproduksi kebutuhan bahan pangan tapi juga berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional. Dengan potensi pertanian dan kekuatan rakyat yang sangat besar tersebut, beliau meyakini bahwa Pertanian Maju, Mandiri, Modern, Petani Sejahtera akan segera terwujud. Maju dalam hal produktivitas dan produksi; mandiri dan modern dalam hal sumber daya alam Indonesia dikelola oleh generasi muda kita sendiri berbasis Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dengan memanfaatkan EoD, drone maupun robot, sehingga pertanian ke depan adalah pertanian yang tidak tersekat satu sama lain dan akrab dengan satelit.

Hari Krida Pertanian (HKP) tahun ini sangat spesial. Bukan hanya diperingati pada saat dua tahun pandemi berjalan, tetapi pada saat yang bersamaan, Indonesia melalui sidang ke-42 Konferensi Food and Agriculture Organization atau Badan Pangan Dunia yang diselenggarakan secara virtual pada Juni 2021, terpilih sebagai Dewan FAO wakil regional Asia untuk periode 2021-2024.

Terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan FAO merupakan kepercayaan yang luar biasa karena kinerja sektor pertanian yang terus tumbuh positif. Hal ini dilihat dari peningkatan nilai ekspor sampai 13,79% sehingga dinilai FAO sebagai prestasi yang mengagumkan.

Kepercayaan ini seperti menjadi kado istimewa bagi masyarakat pertanian Indonesia yang tengah memperingati HKP setiap tanggal 21 Juni. Kado istimewa yang lain adalah predikat WTP dari BPK dengan kategori AA, selain itu juga 14 penghargaan nasional lainnya.

Memang masih ada yang kurang dan banyak juga kesalahan, tetapi yang harus dilakukan adalah memperbaiki yang kurang serta tidak lagi berbuat kesalahan yang sama, memperbaiki konsepsi dan program untuk meningkatkan kesejahteraan petani di masa depan.

ELY

krida1 Balitkabi mengikuti Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian ke-49 secara virtual
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian ke-49 secara virtual