Berita ยป Kaji Ulang Dokumen Laboratorium Penguji LP-518-IDN

Dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan ISO 17025:2017, dilaksanakan Kaji Ulang Dokumen (KUD). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, 4 dan 5 November 2021, di Ruang Seminar 4 Balitkabi.

Kaji ulang dokumen dipimpin oleh Manajer Mutu (MM) dan dihadiri oleh Wakil Manajer Administrasi (MA), Manajer Teknis (MT), serta Penyelia dan Analis dari empat laboratorium, yaitu Laboratorium Kimia Tanah dan Tanaman, Laboratorium Kimia Pangan, Laboratorium Uji Mutu Benih, dan Laboratorium Hama dan Penyakit.

berita-211117-kajianlab-a

Dr. Heru Kuswantoro selaku Manajer Mutu Laboratorium mengharapkan dengan kaji ulang dokumen ini dokumen-dokumen dapat diperbaiki dengan mempertimbangkan masukan dari hasil temuan surveilen yang telah dilaksanakan pada April 2021, dan disesuaikan dengan perubahan-perubahan terkini.

Kaji Ulang Dokumen diawali dengan mendiskusikan dan mengklarifikasi tindakan koreksi dan korektif 15 (lima belas) hasil temuan ketidaksesuaian Audit Internal yang telah dilaksanakan pada 1 Oktober 2021. Dari 15 temuan ketidaksesuaian Audit Internal tersebut, semuanya telah dinyatakan selesai.

berita-211117-kajianlab-b

Setelah itu, KUD dilanjutkan dengan mencermati satu per satu Dokumen Sistem Mutu yang terdiri dari Panduan Mutu (PM), Dokumen Prosedur (DP), Instruksi Kerja (IK), dan Formulir (F). Terdapat beberapa klausul dari Dokumen Sistem Mutu tersebut yang perlu direvisi dengan menambahkan beberapa poin baru.

Dari kaji ulang dokumen ini diharapkan Laboratorium Penguji LP-518-IDN Balitkabi dapat memenuhi persyaratan kecukupan dokumen yang sesuai dengan ISO 17025:2017.

LFN/RGF