Berita » Kaji Ulang Dokumen Laboratorium Pengujian Balitkabi

Seluruh peserta kaji ulang dokumen ISO/IEC 17025:2017

Seluruh peserta kaji ulang dokumen ISO/IEC 17025:2017

Sejak 20 Mei 2018, dokumen sistem mutu Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP 518-IDN) telah berubah dari ISO/IEC 17025:2005 menjadi ISO/IEC 17025:2017. Salah satu persyaratan ISO/IEC 17025:2017 adalah melakukan kaji ulang dokumen untuk merevisi dokumen (Panduan Mutu, Dokumen Prosedur, Instruksi Kerja Metode/Alat dan Formulir) sehubungan dengan adanya perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan kondisi terkini laboratorium dan saran/temuan asesor. Untuk itu, dilakukan kaji ulang dokumen pada tanggal 8 Mei 2019 yang dihadiri oleh Kepala Balitkabi (Manajer Puncak), Kasi Yantek (Manajer Administrasi), Kasi Jaslit, Manajer Mutu, Manajer Teknis, dan personil laboratorium lainnya.

Suasana kaji ulang dokumen Laboratorium sesuai standard ISO/IEC 17025:2017

Suasana kaji ulang dokumen Laboratorium sesuai standard ISO/IEC 17025:2017

Manager Mutu melaporkan kepada Kepala Balai mengenai perkembangan laboratorium, khususnya tindak lanjut hasil asesmen oleh KAN (reakreditasi) bulan Februari yang lalu dan hasil workshop analisis risiko, validasi metode dan estimasi ketidakpastian oleh Balitbangtan/SMART-D di Malang (22−25 Mei 2019). Disampaikan pula bahwa salah satu analis Balitkabi yaitu Lina Kusumawati, S.Si terpilih menjadi peserta terbaik pada Pelatihan Sistem Mutu ISO 17025:2017 Laboratorium Lingkup Balitbangtan. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan beberapa keterbatasan yang dihadapi laboratorium, di antaranya jumlah sampel yang masuk, personil, peralatan, dan pendanaan yang diharapkan ada solusinya. “Keterbatasan yang disampaikan masing-masing laboratorium tidak ada yang masuk kategori sulit, hanya perlu komitmen bersama untuk menyelesaikannya” ujar Kepala Balai. Ide-ide segar dan solusi alternatif terkait keterbatasan laboratorium juga digulirkan Kepala Balai, termasuk promosi lebih gencar lagi keberadaan laborotorium Balitkabi untuk menarik lebih banyak pelanggan, diantaranya peneliti, mahasiswa, produsen pupuk, dan penangkar benih serta menyuarakan keberadaan laboratorium yang sudah terakreditasi di tingkat Puslitbangtan dan Balitbangtan untuk pengalokasian dana operasionalnya.

 Analis Balitkabi (Lina Kusumawati, S.Si) menerima penghargaan sebagai peserta terbaik dalam Pelatihan Sistem Mutu ISO 17025:2017 Laboratorium Lingkup Balitbangtan


Analis Balitkabi (Lina Kusumawati, S.Si) menerima penghargaan sebagai peserta terbaik dalam Pelatihan Sistem Mutu ISO 17025:2017 Laboratorium Lingkup Balitbangtan

Pada kegiatan kaji ulang dokumen, personil laboratorium mencermati dokumen yang tidak sesuai, terutama dokumen yang sudah berubah, namun belum direvisi atau dicabut dari folder dokumen masing-masing laboratorium. Hasil temuan ketidaksesuaian tersebut dibahas dan selanjutnya disepakati perlu dilakukan perubahan/revisi pada dua dokumen Panduan Mutu, satu Dokumen Prosedur, satu dokumen Instruksi Kerja, dan empat dokumen Formulir. Diharapkan dengan dilakukannya kaji ulang dokumen tersebut, LP Balitkabi dapat memenuhi persyaratan kecukupan dokumen berdasarkan ISO/IEC 17025:2017 sekaligus meningkatkan kinerja hasil pengujiannya.
RTH/WR/EG/HK