Berita » Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Penguji LP-518-IDN Balitkabi

Senin 6 Desember 2021, Laboratorium Penguji LP-518-IDN Balitkabi melaksanakan Kaji Ulang Manajemen (KUM). Kegiatan KUM merupakan salah satu syarat dalam ISO 17025:2017, yang pada tahap sebelumnya telah dilakukan Audit Internal dan Kaji Ulang Dokumen.

Hadir dalam KUM adalah Manajer Puncak, Manajer Mutu, Manajer Administrasi, Manajer Teknis, Penyelia, dan Analis dari empat laboratorium, yaitu Laboratorium Kimia Tanah dan Tanaman, Laboratorium Kimia Pangan, Laboratorium Uji Mutu Benih, dan Laboratorium Hama dan Penyakit.

berita-211210-manajemenlab-a

Manajer Puncak Laboratorium, yang sekaligus Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., pada saat membuka KUM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komunikasi untuk meninjau kinerja laboratorium penguji selama satu tahun terakhir, dan bersama-sama mencari jalan keluar untuk masing-masing permasalahan ruang lingkup.

Manajer Mutu Laboratorium, Dr. Heru Kuswantoro, memaparkan capaian sasaran dan program mutu 2021, yaitu:

  1. Terlaksananya kegiatan surveilence dan status akreditasi dapat dipertahankan
  2. Disetujuinya penambahan ruang lingkup pengujian “Cendawan Terbawa Benih Kedelai” di Laboratorium Hama dan Penyakit dan
  3. Terlaksananya jaminan mutu (QA/QC) hasil uji sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017 dengan mengikuti Uji Profisiensi untuk Laboratorium Tanah dan Tanaman dan Laboratorium Uji Mutu Benih, serta Uji Banding untuk Laboratorium Kimia Pangan dan Laboratorium Hama dan Penyakit.

Dikemukakan lebih lanjut bahwa terdapat dua poin sasaran dan program mutu yang belum dapat terlaksana akibat pandemi Covid-19, yaitu peningkatan kompetensi personil untuk Analis Laboratorium Uji Mutu Benih, dan pembuatan aplikasi SIYAP untuk mendukung layanan pengujian cepat.

Sebagai gantinya, enam personil laboratorium mengikuti webinar “Mengenal dan Memahami Persyaratan ISO/IEC 17025:2017” serta seluruh personil laboratorium mengikuti serangkaian webinar kalibrasi, salah satunya “Verifikasi Alat Laboratorium”. Rencana sasaran dan program mutu 2022 adalah melanjutkan sasaran dan program mutu yang belum tercapai di 2021.

berita-211210-manajemenlab-b

Pada penutupan KUM, Manajer Puncak menekankan kembali perlunya membangun dan melaksanakan komitmen dan kerja keras semua personil untuk mempertahankan akreditasi dan menjadikan laboratorium lebih baik.

LFN/RGF