Berita » Kampung Tahu Stembel

H. Ramlan, generasi kedua penerus pengrajin tahu

H. Ramlan, generasi kedua penerus pengrajin tahu

Ternyata di Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi, terdapat industri rumah tangga pembuat tahu dari kedelai, tepatnya berada di Dusun Stembel. Jika berjalan-jalan di pasar sekitar Gambiran, orang-orang mengenalnya dengan nama “Kampung Tahuan”. Ternyata pula, kegiatan pembuatan tahu di Stembel sudah berlangsung sangat lama, turun menurun dari beberapa generasi. Salah satu contohnya adalah Haji Ramlan, merupakan generasi kedua yang menggeluti industri tahu, dan dilakukannya hingga saat ini. Bahkan, sebagian telah diteruskan ke generasi ketiga.

Naiknya harga kedelai akhir-akhir ini, juga mempengaruhi roda kehidupan para pengrajin tahu. Dituturkan oleh Pak Zulhan, sebagai penyedia kedelai, sebelum pandemi Covid-19 bisa mendistribusikan sebanyak 5 ton kedelai sehari. Saat ini, hanya mampu 2 ton sehari, sambil memperlihatkan catatannya hari ini (18 Februari 2021). Kedelai tersebut akan didistribusikan ke 13 pengrajin tahu. Harga kedelai sempat turun, namun hanya sebentar. Beberapa hari ini harga kedelai kembali naik, termahal hingga mencapai Rp 9.900/kg. Di Dusun Stembel, terdapat lebih dari 150 rumah tangga pengrajin tahu, artinya cukup besar perputaran kedelai per hari untuk bahan baku tahu. Hitung-hitungan kasar, dari distribusi Pak Zulhan, 150 kg kedelai/pengrajin tahu, jika terdapat 150 pengrajin, maka setiap hari tidak kurang memerlukan 22,5 ton kedelai.

Lebih lanjut diceritakan oleh Pak Zulhan, bahwa 1 sak kedelai (50 kg kedelai) menghasilkan sebanyak 16 lembar tahu, dan setiap lembar beratnya 3 kg. Kedelai lokal yang banyak ditanam disekitar Gambiran, diakui oleh pengrajin, kandungan patinya tinggi, hanya masalahnya ketika diproses, hilumnya lengket ke mesin penggilingan, sehingga setiap kali menggiling harus dibersihkan. Hal ini membutuhkan waktu, urai pengrajin. Dahulu pernah menggunakan varietas Galunggung, bagus hasilnya, tapi sekarang tidak ada lagi. Informasi menarik dari pelaku langsung pengrajin tahu di Dusun Stembel, Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi.

MMA

tahu1 tahu2 tahu3
Distribusi kedelai ke pengrajin, cetakan tahu, dan tahu goreng yang siap dipasarkan.