Berita » Kartini-Kartini Balitbangtan untuk Pertanian Indonesia Maju, Mandiri, Modern

Kepala Balitkabi mengikuti webinar Kartini Balitbangtan untuk Inovasi Pertanian Indonesia

Kepala Balitkabi mengikuti webinar Kartini Balitbangtan untuk Inovasi Pertanian Indonesia

Tanggal 21 April menjadi hari istimewa bagi semua perempuan Indonesia. Hari lahir Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini) ini mengingatkan kembali perjuangannya untuk mewujudkan kesetaraan hak perempuan dengan laki-laki. Realitas saat ini, perempuan Indonesia di era milenial telah lebih berpendidikan dan mampu berkontribusi, baik secara sosial maupun ekonomi.

Peran perempuan dalam dunia penelitian juga semakin penting, dimulai dari sebagai perencana sampai melaksanakan penelitian sebagai peneliti, analis, teknisi litkayasa, bahkan memimpin lembaga penelitian. Saat ini, Balitkabi memiliki 32 peneliti perempuan dari total 57 peneliti, lima diantaranya telah mencapai jenjang Ahli Peneliti Utama. Di Badan Litbang Pertanian, jumlah peneliti dan perekayasa perempuan mencapai 847, dan 58 diantaranya bergelar Profesor Riset.

Sejak tahun 2020 Balitkabi dipimpin oleh Ibu Dr. Ir. Titik Sundari, MP., seorang Kartini Milenial, Peneliti Ahli Utama bidang pemuliaan tanaman yang telah menghasilkan varietas unggul kedelai, diantaranya Dena 1 dan Dena 2, dan varietas unggul ubi kayu. Selain itu, Balikabi juga memiliki tiga Kartini hebat lainnya yang menjadi Koordinator Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP), yaitu Dr. Runik Dyah Purwaningrahayu (Koordinator IP2TP Kendalpayak, Malang), Sri Ayu Dwi Lestari, S.P., M.Si. (IP2TP Muneng, Probolinggo), dan Rina Artari, M.Biotech (IP2TP Ngale, Ngawi).

Kiprah perempuan yang semakin penting pada masa ini didukung oleh 10 keajaiban pada perempuan, diantaranya lebih hebat dalam menjalankan bisnis, lebih baik dalam mengapresiasi seseorang, dan multi-tasking, seperti yang disampaikan oleh Husnain, S.P., MP., MSc., Ph.D, Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) dalam Webinar ”Kartini Balitbangtan untuk Inovasi Pertanian Indonesia” yang dilaksanakan oleh Balitbangtan pada hari Kamis, 22 April 2021. Pembicara lainnya, Prima Luna S.TP., M.Si. dari BB Pascapanen, menyampaikan perempuan masa kini juga lebih kuat, smart, kompeten secara teknis dan emosional, berani serta percaya diri, sehingga dapat setara dengan laki-laki sebagai partner kerja. Lepas dari segala keunggulan yang dimiliki oleh perempuan, dukungan keluarga dan keridhaan suami menjadi hal yang tidak kalah penting dalam mendukung keberhasilan perempuan dalam berkarir, demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Handewi Purwati Saliem, MS., sebagai penutup pada acara ini.

Hari Kartini pada masa kini tidak sekedar berdandan memakai kebaya, namun lebih dari itu. Hari Kartini adalah memacu kembali semangat perempuan Indonesia untuk terus maju tanpa merisaukan gender, seperti salah satu kutipan dari surat R.A. Kartini berikut: “Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata Aku tiada dapat! melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.”

Maju terus perempuan Indonesia! Bermanfaat dan bermartabat.

AI

kartini2 kartini3
Peringatan Hari Kartini di Balitkabi (kiri), Prof. Dr. Ir. Handewi Purwati Saliem, MS pada kegiatan webinar Balitbangtan memperingati Hari Kartini (kanan)