Berita » Kebun Percobaan untuk Demo Inovasi dan Penyuluhan

muneng-6

 

Penguatan Kebun Percobaan (KP) bertujuan untuk mendemonstrasikan inovasi teknologi pada pengguna. Di antara media untuk menyampaikan inovasi tekno­logi, KP merupakan media yang strategis, karena keberadaan dan fasilitas di KP tidak saja bisa dijadikan demo keunggulan hasil penelitian di lapang, namun juga media penyuluhan. Hal ini dapat berlangsung karena jika ada pertanyaan dari pengunjung, staf di KP Muneng bisa memberikan penjelasan. Demikian inti sambutan Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie pada temu lapang di KP Muneng, Probolinggo (Selasa, 3/11). Temu lapang dihadiri 150 peserta dari Dinas Pertanian Kab. Probolinggo, Badan Ketahanan Pangan, anggota Kelompok Tani, para petani, PKK, dan dari Unsur ABRI (Kepolisian dan TNI-AD), diharapkan dapat mendorong para petani bersama pemangku kepentingan lainnya untuk meningktakan ketahanan pangan di wilayah Kab Probolinggo.

KEPALA BALITKABI, DR MUCHLISH ADIE, SAAT MEMBERIKAN SAMBUTAN

TIWUL INSTAN BERGIZI MERUPAKAN, SALAH SATU PRODUK OLAHAN YANG DIPAMERKAN, MERUPAKAN MAKANAN YANG DIMINATI PESERTA Di samping kunjungan ke pertanaman percontohan (visitor plot) yang menunjuk­kan aneka varietas unggul dan teknologi produksi tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian, peserta temu lapang juga dipameri sekaligus disuguhi produk pangan olahan berbahan baku kacang dan umbi. Produk olahan yang dipamerkan antara lain aneka kue, mie, susu kedelai. Produk susu dari kedelai hitam dan es krim dari ketela ungu mampu menyita perhatian peserta.

KEPALA KP MUNENG, WISNU UNJOYO, S.P. MEMANDU PENJELASAN DI PERTANAMAN DEMO-INOVASI Karena sesuatu, hasil-hasil penelitian mungkin tak semua bisa diadopsi oleh petani atau produsen produk pangan olahan. Menyadari hal itu, Pak Muchlish menyatakan perlu masukan untuk perbaikan penelitian yang akan datang. Lebih lanjut beliau menyatakan: ”Beri saran, sehingga inovasi dapat diperbaiki dan ditingkatkan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan petani”.

 

Dilaporkan oleh Febri/Win