Berita ┬╗ Kecambah Kedelai: Sumber Gizi dan Sumber Pendapatan

Pak Wasis, 31 tahun menggeluti pembuatan kecambah kedelai

Pak Wasis, 31 tahun menggeluti pembuatan kecambah kedelai

Kecambah atau tauge, sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang menggunakan bahan baku kecambah sudah sangat beragam. Kecambah bisa berasal dari biji kacang hijau, dan atau  kedelai. Bahkan di beberapa wilayah juga dibuat dari biji aneka kacang hingga aneka serealia. Nilai gizi yang terkandung pada kecambah sudah tidak diragukan lagi.

Pengrajin kecambah yang menggunakan bahan baku biji kedelai tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk juga terdapat beberapa tempat di Malang, dan salah satunya berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Salah satu pengrajin kecambah kedelai di wilayah tersebut adalah Pak Wasis, yang sudah menggeluti usaha kecambah kedelai sejak tahun 1990, dan usahanya telah diturunkan kepada keluarganya. Penuturan Pak Wasis, dalam sehari membutuhkan bahan baku biji kedelai sebanyak 25 kg. Setiap 1 kg biji kedelai mampu menghasilkan antara 2-3 kg kecambah, tentu tergantung kepada kualitas biji kedelai yang digunakan, khususnya pada daya tumbuhnya. Untuk menjalankan usahanya, Pak Wasis dibantu oleh 3 orang, yang semuanya adalah berasal dari anggota keluarganya. Pemasaran kecambah kedelai tidak pernah mengalami kendala, yang justru sering menyulitkan para pengrajin kecambah adalah mendapatkan bahan baku biji kedelai lokal dengan kualitas yang baik, demikian cerita Pak Wasis.

Biji kedelai diperoleh dari toko setempat di Kepanjen, yang memang menyediakan kedelai lokal. Saat ini, harganya mencapai 11 ribu per kilogram. Pada waktu tertentu, bahkan harus berburu bahan baku biji kedelai hingga ke Nganjuk, yang hingga saat ini masih banyak menanam varietas Wilis. Spesifikasi varietas kedelai yang sesuai untuk kecambah adalah kedelai yang memiliki ukuran biji kecil, dan yang paling penting adalah memilki daya tumbuh yang baik, urai Pak Wasis. Hingga saat ini kecambah kedelai masih layak menjadi sumber perekonomian bagi pengrajin kecambah.

Arifin/MMA

Proses pembuatan kecambah kedelai

Proses pembuatan kecambah kedelai