Berita » Kedelai Hitam, Juga Digerakkan Pengembangannya

1-detam-2

Badan Litbang Pertanian terus memperderas penyebaran inovasi teknologi penelitian, agar inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh peneliti dapat sesegera mungkin sampai ke penyuluh, sampai ke lahan petani.

Semangat tersebut, dioperasionalkan oleh Balitkabi. Tidak hanya pengembangan kedelai di bawah tegakan pohon jati, lahan pasang surut, bahkan pada Pentas Hortikultura juga dikembangkan tanaman kacang-kacangan di bawah tanaman buah-buahan.

 

Kedelai berkulit biji hitam atau sering disebut kedelai hitam, tidak hanya memiliki nilai ekonomi menjanjikan (bahan baku industri kecap) tetapi juga memiliki nilai nutrisi prima. Untuk menggerakkanya, telah dilakukan penanaman Gelar Teknologi Budidaya Kedelai Hitam, di lahan sawah setelah tanaman padi di Desa Kedungbanteng Kecamatan Pilang Kenceng, Kabupaten Madiun, seluas 4.0 ha.  Varietas kedelai hitam yang ditanam adalah Detam 1 dan Detam 2 (keduanya dilepas pada 2008), juga diikutsertakan varietas kedelai hitam Cikuray dan Mallika, serta dua calon varietas kedelai hitam berumur genjah. Keunggulan Detam 1 dan Detam 2, selain produksinya tinggi juga memiliki kandungan protein yang juga tinggi (mencapai 46%), bahkan tertinggi dari seluruh varietas kedelai yang ada di Indonesia.

Penanaman kedelai hitam di desa Kedungbanteng, Piliangkenceng, Madiun

Di samping kedelai hitam, juga dipamerkan varietas kedelai yang berpotensi sebagai bahan baku industri tahu yaitu Argomulyo maupun Gepak Kuning dan Gepak Ijo. Kedua varietas (Gepak Kuning dan Gepak Ijo) juga dilepas oleh Balitkabi bekerjasama dengan Diperta Jawa Timur pada tahun 2008. Keunggulan kedua varietas tersebut adalah rendemen tahunya mencapai 400%. Di Desa Kedungbanteng, sebagian petani juga mengembangkan kacang hijau yang sumber benihnya bersifat asalan.  Karenanya digelar juga Teknologi Budidaya Kacang hijau dengan menggunakan varietas kacang hijau Vima-1 dan 3 galur harapan kacang hijau.

Gelar Teknologi tersebut ditujukan untuk memperkenalkan inovasi teknologi budidaya kedelai hitam dan pengenalan varietas kedelai sesuai untuk bahan baku tahu dan kacang hijau terbaru. Direncanakan pada awal Oktober akan dilakukan Panen dan Temu Lapang Kedelai Hitam. Semoga berhasil.