Berita » Kedelai Martoloyo masih Digandrungi di Muncar

Walaupun Indonesia bukan sebagai pusat penyebaran kedelai, tetapi banyak varietas lokal di Indonesia. Bahkan di setiap sentra kedelai terdapat beberapa varietas lokal, seperti: Kipas Merah, Kipas Putih, Petek, Gepak Ijo, dan sebagainya. Sebagian varietas lokal telah dilepas sebagai varietas unggul dan sebagian belum dilepas, namun tetap diminati oleh petani.

Banyuwangi merupakan salah satu sentra produksi kedelai di Jawa Timur. Sentra kedelai yang terluas berada di Kecamatan Gambiran, Muncar, dan Purwoharjo. Di wilayah-wilayah tersebut, terdapat beragam penyebutan varietas lokal kedelai, seperti: Gedeg, Ketek, Jepang Putih, Martoloyo, Jipril Hitam, Jipril Putih, dan sebagainya. Dari deretan nama-nama varietas lokal tersebut, varietas lokal Martoloyo nampaknya masih bertahan dan masih diminati oleh petani.

Penuturan petani di Muncar, Martoloyo masih sangat diminati oleh petani. Hasilnya imbang dengan varietas kedelai yang ada sekarang. Selain itu, petani beralasan kalau varietas tersebut bisa ditanam dengan cara sebar dengan daya tumbuh yang tinggi. Memang membutuhkan benih sangat banyak hingga mendekati 90 kg/ha. Jika dibandingkan dengan varietas lokal lainya, misalnya Jipril Hitam atau disebut juga Jipril Kayu, hasil Martoloyo memang lebih tinggi. Pengalaman petani, dari luasan ¼ bau (bahu) bisa menghasilkan 8 glangsi atau setara dengan sekitar 2,6 t/ha. Sebagian besar petani menyimpan benih Martoloyo, sehingga pada saat musim tanam, petani telah memiliki benih, jarang yang membeli.

Sisi keunggulan Martoloyo adalah harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas kedelai yang lain. Perbedaan harga jualnya antara Rp 500 hingga Rp 1000 lebih tinggi dari harga kedelai lainnya. Disamping itu petani juga gampang menjualnya karena dicari oleh pengepul kedelai. Oleh karena itu, hingga saat ini varietas lokal Martoloyo masih diminati oleh petani di Muncar Banyuwangi.

MMA

martoloyo martoloyo1
Varietas kedelai lokal di Banyuwangi
Petani di Jember juga menanam varietas kedelai lokal

Petani di Jember juga menanam varietas kedelai lokal