Berita » Kekompakan adalah Modal dalam Meraih Keberhasilan Balitkabi

Agak berbeda pada acara apel pagi hari ini, Senin 18 Januari 2021, yang digelar secara daring, dan diikuti oleh seluruh ASN Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi). Apel pagi dipimpin langsung oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. Mengawali arahannya, Kepala Balitkabi, Work From Home (WFH) yang harus dilakukan oleh sebagian ASN, bukan hari libur, masing-masing ASN tetap menghasilkan target sesuai dengan yang telah ditetapkan dan dijanjikan.

Juga disampaikan point-poin penting Rakernas, Workshop Balitbangtan serta Puslitbang Tanaman Pangan, yang harus ditindaklanjuti oleh jajaran ASN Balitkabi. Menteri Pertanian mengapresiasi kinerja Balitbangtan selama ini, dan hal tersebut yang ikut mendukung berbagai prestasi Kementerian Pertanian (Kementan). Inovasi dan teknologi, yang selama ini menjadi andalan Balitbangtan, harus lebih ditingkatkan lagi, bahkan diminta pendekatan kerja yang tidak biasa, kalau perlu adalah luar biasa. Rancanglah inotek-inotek yang diperlukan oleh Kementan. Saat ini Direktorat Teknis mengikuti dan mengaplikasikan inotek yang dihasilkan Balitbangtan. Kontraksi kedelai yang sempat terjadi beberapa saat yang lalu, telah dibangun berbagai tahapan dari 100 hari, 200 hari, dan solusi permanen. Salah satu penguatan terhadap kedelai dalam negeri, yaitu telah ditandatanganinya MoU antara importir dengan pengusaha kedelai, sehingga terdapat saling kesepahaman kapan harus impor dan kapan memanfaatkan kedelai dalam negeri. Balitkabi dan BB Biogen bertanggung jawab terhadap penyediaan benih sumber kedelai. Diperlukan simulasi dan estimasi kebutuhan benih dengan melibatkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) serta Balai Benih Umum (BBU) dan Balai Benih Induk (BBI). Balitbangtan juga diminta untuk berada dalam arena yang besar dan masif, bukan berada di medan yang berskala demplot-demplot. Sukses peran Balitbangtan pada Food Estate menjadi model pengembangan yang berskala masif. Disini diperlukan perubahan mindset Balitbangtan untuk menjadi pejuang pertanian dalam rangka pembangunan nasional, bukan untuk pribadi-pribadi. Segera disusun roadmap peningkatan produktivitas yang difokuskan pada wilayah-wilayah yang masih memiliki tingkat produktivitas rendah.

“Diperlukan inovasi yang terukur. Setiap peneliti harus mempunyai tanggung jawab”, demikian tegas Kepala Balitkabi.

Kepala Balitkabi selanjutnya mengajak untuk harus tetap bersemangat menerapkan protokol kesehatan, bersemangat bekerja, dan bersemangat dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Kekompakan diperlukan untuk menggapai keberhasilan Balitkabi.

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. memberikan arahan secara daring

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. memberikan arahan secara daring

ASN Balitkabi mengikuti apel Senin pagi secara daring

ASN Balitkabi mengikuti apel Senin pagi secara daring

AK