Berita » Kelompok Tani Ngawi Berniat Produksi Benih Kedelai

Kelompok Tani “Tani Jaya” Dusun Pudak, Desa Wonokerto Kab. Ngawi berniat meningkatkan produksi semua usaha tani di lingkungan mereka. Untuk mendukung niat tersebut, benih yang berkualitas harus tersedia di lokasi. Agar niat tersebut tercapai, 45 anggota Kelompok Tani ini berkunjung ke Balitkabi dalam rangka menyerap inovasi terbaru teknologi produksi dan perbenihan. “Anggota Kelompok kami sangat antusias mengembangkan pertanian, kami sudah mampu menghasilkan sekitar 2 ton/ha. Namun varietasnya masih campuran, dan kami ingin hasil kedelai ini lebih meningkat” tutur Pak Santoso, Ketua Kelompok yang memimpin rombongan.

Ir Abdullah Taufiq, M.P., menyampaikan salah satu hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan produksi kedelai adalah menanam varietas kedelai biji besar. Dengan biji besar peluang meningkatkan hasil yang lebih tinggi lebih mudah dicapai. Saya sarankan Anjasmoro, karena selain bijinya besar daya adaptasinya juga baik” tutur pak Taufiq yang pernah bekerjasama membina mereka.

Sementara untuk mengamankan perolehan benih kedelai yang berkualitas, kelompok ini disarankan memroduksi benih sendiri. Balitkabi sangat mendukung jika ada pihak yang ingin mengembangkan perbenihan di lingkungan mereka. Tak harus dalam skala luas. Kelompok Tani boleh memroduksi benih kacang-kacangan atau umbi-umbian untuk keperluan kelompoknya. “Kalau nanti dipandang menguntungkan silakan menjadi Penangkar Benih resmi dengan memenuhi persyaratan administratif”, tutur Ir. Achmad Winarto saat memotivasi kelompok tersebut. Benih Sumbernya dapat diperoleh dari UPBS Balitkabi”, tutur Gatut Wahyu, pemulia kedelai yang pernah membidangi Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitkabi ini.

Sebelumnya anggota Kelompok Tani ini diperkenalkan dengan aneka varietas dan calon varietas umbi-umbian (ubi kayu dan ubi jalar), aneka kacang (kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau), di KP Kendalpayak, dipandu oleh Ir Margono Rahmat, MS, dan Ir Achmad Winarto.Kelompok Tani “Tani Jaya” tergolong kelompok mandiri, dengan organisasi dan keuangan yang cukup baik. Kunjungan ke Balitkabi dan beberapa lokasi wisata ini dibiayai secara mandiri dari keuntungan usaha Kelompok Tani.

Majulah Kelompok Tani Indonesia.

Rombongan mencermati sortasi benih di UPBS, aneka varietas dan calon varietas tanaman kabi pun bisa diamati di Kebun Percobaan Kendalpayak.Rombongan mencermati sortasi benih di UPBS, aneka varietas dan calon varietas tanaman kabi pun bisa diamati di Kebun Percobaan Kendalpayak.