Berita ยป Balitkabi Siapkan Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

a_knaap_2

Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan kepercayaan masyarakat pengguna, Balitkabi berencana melakukan pengujian Standardisasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) oleh Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK). Untuk mewujudkan hal tersebut, Kamis 14 Februari 2013 dua staf ahli Kemristek yaitu ibu dr. Heri Widyawati dan Bpk Oka Sofyan memberikan paparan dan penjabaran sistem akreditasi KNAPPP. Acara ini dihadiri oleh sekitar 40 peneliti dan beberapa pejabat struktural Balitkabi dan BPTP Jatim. Pada kegiatan tersebut, Kepala Puslitbangbun terlibat sekaligus pelopor akreditasi pranata penelitian dan pengembangan.

Hal pertama yang paling mengesankan bagi peserta sosialisasi adalah kedua narasumber dari Kemristek mengungkapkan apresiasi terhadap Balitkabi yang memelopori penerapan sistem akreditasi KNAPPP. Kegembiraan ini dikemukakan karena Balitkabi merupakan lembaga pertama di antara 65 lembaga penelitian dan pengembangan di bawah Kementerian Pertanian yang merencanakan akreditasi KNAPPP.

KNAPPP merupakan lembaga yang bertugas mengakreditasi pranata yang melakukan penelitian dan pengembangan di seluruh Indonesia. Dengan melakukan akreditasi KNAPPP diharapkan dapat diketahui sejauh mana peran Balitkabi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sekilas, KNAPPP sama dengan standardisasi ISO maupun KAN. Akan tetapi setelah diterangkan lebih lanjut oleh dua narasumber dapat diketahui bahwa KNAPPP berbeda dengan ISO dan KAN. KNAPPP tidak hanya menitikberatkan pada proses dalam lembaga tersebut tetapi juga menitikberatkan pada keluaran dan aplikasi di masyarakat pengguna.


Tindak lanjut dari sosialisasi KNAPPP, Kepala Balitkabi menyusun Tim sukses agar akreditasi KNAPPP terwujud. Diharapkan akrediatsi KNAPPP Balitkabi dapat terwujud pada Juli atau Agustus 2013.

Strsn/AW