Berita » Kerjasama Riset Antar-Pusat Riset

Rancangan kerjasama antara Pusat Riset Akabi dari Balitkabi dengan Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) dari Universitas Ma Chung telah diinisiasi melalui kerjasama penelitian. Penandatangan MoU telah disiapkan oleh para pihak untuk segera direalisasikan.

Sebagai langkah awal implementasi kerjasama dilakukan penelitian tentang pengukuran dan dinamika khlorofil daun kedelai pada lingkungan tercekam kekeringan dan kondisi optimal.Pusat Riset Akabi memiliki ruang lingkup penelitian hulu-hilir untuk komoditas kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubikayu dan ubijalar.

Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) memfokuskan penelitiannya pada bidang kajian fungsi dan struktur pigmen-pigmen organik, mengaplikasikannya pada berbagai bidang di antaranya pembuatan makanan, bahan-bahan medis, dan dalam usaha pembuatan energi alternatif. Salah satu hasil penelitian MRCC adalah merancang pengukur khlorofil daun yang bersifat cepat dan murah, serta memiliki presisi pengukuran yang akurat.

Observasi lapang peneliti Pusat Riset Akabi dan MRCPP di KP Muneng 23 Juli 2015 Penelitian tentang tanggap genotipe kedelai terhadap kekeringan dilakukan di KP Muneng. Deraan kekeringan dimulai kedelai berumur 40 hst. Selain pengukuran agronomis juga akan dilakukan pengukuran profil khlorofil dari setiap genotipe kedelai yang diuji.

Diharapkan dari rancangan kerjasama riset tersebut, tidak hanya akan dilakukan validasi alat pengukur khlorofil daun juga akan dikaji dinamika perubahan kandungan khlorofil pada lingkungan tercekam kekeringan dan lingkungan normal. Observasi akan dilakukan bersama antara para pihak yang bekerjasama.

24-7-15

MMA/AW