Berita » Khitanan Masal Dalam Rangka Hari Krida Pertanian 2012

khitan1_2012

Pada Hari Krida Pertanian ke-40 Balitkabi merayakan dengan mengadakan bakti sosial berupa khitananan masal pada tanggal 26 Juni 2012. Seperti tahun-tahun sebelumnya Balitkabi pada setiap musim liburan sekolah mengadakan khitanan masal untuk anak-anak khususnya yang kurang beruntung. Khitanan masal tahun ini bersamaan dengan Hari Krida Pertanian sehingga tema : Khitananan Masal sebagai Ejawantah Kesyukuran Jama’ah Masjid Al Muttaqien Balitkabi pada Hari Krida Pertanian ke-40 merupakan momen yang sangat tepat khususnya untuk melakukan bhakti sosial yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian.

Dana untuk kegiatan ini murni dari para Karyawan/wati khususnya yang beragam Islam. Sampai dengan tahun ini, merupakan kegiatan yang ke-15, diikuti oleh 17 anak dari keluarga sekitar Balitkabi. Kegiatan khitananan masal dilakukan bekerjasama dengan  Rumah Sakit Islam, Universitas Islam Malang (UNISMA). Setelah proses khitanan selesai acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Balai yang diwakili oleh Ketua Takmir Masjid Al Muttaqien, Dr. Suharsono MS, dilanjutkan dengan ceramah Agama oleh KH. Dr. Moh. Ajir Abdi Moenip, Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Asrikaton Malang.

Ustad Moh. Ajir menjelaskan bahwa khitan adalah salah satu cara menjaga kesucian diri secara lahir dengan harapan akan mendapatkan kecintaan dari Allah SWT. Di akhir ceramah, Beliau memimpin doa, “semoga anak-anak kita tergolong anak-anak yang Qurrota A’yun, yaitu anak-anak penyejuk mata dan penyenang hati bagi kedua orang tuanya”. “Amin 3x yaa robbal aalamin”, harapan semua orang tua yang telah melahirkan buah hatinya. Selanjutnya pemberian tali asih kepada peserta khitan oleh perwakilan Takmir Masjid Al Muttaqien, karyawan-karyawati Balitkabi dan Dharma Wanita Persatuan Balitkabi.

Prosesi Khitanan Masal

Ketua Takmir Masjid, Dr.Suharsono MS (kiri) saat memberikan sambutan  dan  KH. Dr. Moh. Ajir Abdi Moenip (kanan) saat menyampaikan ceramah agama dalam acara “khitananan masal”

Pemberian tali asih kepada peserta khitan (kiri) dan foto karyawan/wati Balitkabi bersama Tim Kesehatan RSI Universitas Islam Malang (kanan)