Berita » KIN Menggali Inovasi dari Balitkabi

101_0076

Menindaklanjuti pertemuan dengan Kementerian Pertanian (4 April 2011), Komite Inovasi Nasional (KIN) berkunjung ke Balitkabi. Selasa (14 Juni 2011) untuk kali pertama Balitkabi mendapat kunjungan dua anggota KIN. Bersama dua anggota KIN, hadir pula dua peneliti LIPI, dua staf pengajar IPB, satu staf  Kementerian Ristek, dan dua staf sekretariat Badan Litbang Pertanian. Rombongan diterima kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie, dan empat belas staf peneliti. Dr. Muchlish Adie pada kesempatan tersebut memaparkan tentang sejarah, visi, misi, dan program kerja Balitkabi. ”Lebih dari 50% varietas tanaman kacang dan ubi di Indonesia dihasilkan oleh Balitkabi” ungkap pak Muchlish sambil menunjukkan data proporsi varietas kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Dr. Muchlish Adie didampingi staf Badan Litbang Pertanian dan Peneliti Balitkabi saat menerima rombongan. Pada paparannya, pimpinan rombongan KIN, Prof. Bustanul Arifin menyampaikan misi KIN. KIN mendorong terbangunnya knowledge society, membangun gaya hidup yang ramah lingkungan—Green society. Inovasi didorong dan difasilitasi agar mampu membangkitkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, tak hanya inovasinya yang bermanfaat dan dimanfaatkan, namun inovatornya juga dihargai, sehingga mendorong kreasi untuk inovasi yang semakin banyak. Hal tersebut, pada akhirnya ”… melahirkan para pencipta pekerjaan untuk membangun masyarakat yang kreatif dan inovatif”, ungkap Prof. Bustanul.

Prof. Bustanul Arifin (berpeci), dan rombongan KIN mencermati paparan penelitian Balitkabi.

Pada penutupan acara, Dr. Muchlish Adie mengharapkan terwujudnya kerjasama antara Balitkabi KIN dalam hal pengembangan inovasi berasal dari Balitkabi.

Peneliti Balitkabi, Prof. Subandi, menjelaskan ILETRIsoy dan SANTAP yang merupakan inovasi Balitkabi.