Berita » Kiprah Devon 1 di Jambi pada MK 2 Tahun 2019

Devon 1 di Tanjung Jabung Timur, Jambi

Devon 1 di Tanjung Jabung Timur, Jambi

Adalah BPTP Balitbangtan di Jambi yang pada MK 2 ini melakukan pengembangan varietas kedelai Devon 1, seluas 2 ha, di desa Bandar Jaya, Rantau Rasau, Tanjabtim, Jambi. Varietas Devon 1 merupakan varietas kedelai Balitbangtan yang dilepas pada tahun 2015. Selain keunggulan hasil biji, memiliki kandungan isoflavon total 2.219,7 µg/g., serta ukuran bijinya tergolong besar.
Dari penuturan Ir. Jumakir, peneliti BPTP Balitbangtan di Jambi, bahwa pengembangan Devon 1 yang dikemas dalam program Sekolah Lapang Kedaulatan Pangan, menggunakan benih kelas BD (FS) yang diperoleh dari UPBS Balitkabi. Keragaan Devon 1 di Kelompok Tani Soponyono sangat bagus, dan diperkirakan akan panen pada minggu kedua Agustus 2019. Keragaan Devon 1 tumbuh optimal, hal ini tidak terlepas dari kualitas benih yang bagus, sehingga populasi tanaman pada awal pertumbuhan lebih dari 85%. Populasi hama maupun penyakit relatif rendah dengan rata-rata jumlah polong/tanaman sekitar 40 polong. Diperkirakan produktivitas Devon 1 lebih dari 2,50 t/ha.

Keragaan Devon 1 di Jambi (koleksi foto Ir. Jumakir)

Keragaan Devon 1 di Jambi (koleksi foto Ir. Jumakir)

“Varietas Devon 1 sesuai untuk dikembangkan di daerah Bandar Jaya, pertumbuhan tanaman optimal”, kata Pak Rasid dari Kelompok Tani Soponyono, Jambi. Dipertegas oleh penyuluh pertanian, Ispriyatin Hidayah SP bahwa memang keragaan Devon 1 sangat bagus, dan petani menyukai varietas kedelai ini. Harapan besar semoga inovasi Balitbangtan diterima pengguna dan berkembang di bumi pertiwi.
MM